ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI PADA MATA KULIAH MATEMATIKA TERAPAN
Abstract
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dipelajari mulai pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi. Penerapan prinsip-prinsip matematika digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada di dunia nyata, salah satunya yang berkaitan dengan profesi di bidang teknik sipil. Pekerjaan yang berkaitan dengan matematika salah satunya adalah analisis struktur. Geometri merupakan ilmu yang paling sering digunakan oleh seorang insinyur teknik sipil di dalam pekerjaannya. Secara umum, mempelajari geometri membutuhkan analisis dan mencari hubungan dari bentuk-bentuk yang ada. Insinyur sipil harus mengerti bagaimana merancang dan merakit bentuk untuk membangun bangunan, bendungan, jembatan, terowongan, serta sistem jalan raya, kemudian menentukan fungsi dari bangunan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan gambaran secara lengkap mengenai kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri pada mata kuliah matematika terapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti menggambarkan fakta dan keadaan sebenarnya tentang kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri pada mata kuliah matematika terapan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pada materi geometri meliputi kesalahan dalam melakukan operasi matematika dan kesalahan dalam menentukan rumus yang akan dipergunakan.
References
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.
Siagian, R.E.F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terrhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Hadi, A. (2018). Kontribusi Cara Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Analisis Matematika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. Cived, 5(1).
Jain, M. (2017). Application of Mathematics in civil Engineering. International Journal of Innovation in Engineering and Technology (IJIET), 8(3), 2319-1058.
Walle, J.A. (2001). Geometric Thinking and Geometric Concepts. In Elementary and Middle School. Mathe-matics: Teaching Developmentally, 4th ed. Boston: Allyn and Bacon.
KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online, diakses tanggal 25 Agustus 2019]
Hidayat, W. S. (2012). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Program Linier Peserta Didik Kelas XI SMK Tribuana Jombang. Jurnal Pendidikan Matematika.
Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 46(2 Juli).
Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2).
Indriani, R., Efendi, M., & Sihkabuden, S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele terhadap Pemahaman Bangun Geometri Anak Tunanetra di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(1).
Harahap, E., Sukarsih, I., Gunawan, G., Fajar, M. Y., Darmawan, D., & Nishi, H. (2016). A Model-Based Simulator for Content Delivery Network using SimEvents MATLAB-Simulink. INSIST, 1(1), 30-33.