ANALISA VOLUME BEBAN BERLEBIH KENDARAAN TERHADAP PENURUNAN UMUR RENCANA JALAN

  • Mafa hirun najib Universitas Banten Jaya
  • Telly Rosdiyani Universitas Banten Jaya
  • Fitri Aida Sari Universitas Banten Jaya
Keywords: Beban berlebih kendaraan, Penurunan umur rencana, Jalan Raya Bojonegara

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi yang sangat penting bagi masyarakat. Kendaraan berlebih adalah suatu kondisi beban ganda kendaraan melebihi beban standar yang digunakan pada asumsi desain perkerasan jalan atau jumlah lintasan operasional. Umur rencana jalan adalah jumlah beban kendaraan lalu lintas Ekivalen Single Axle Load (ESAL). Jalan Raya Bojonegara merupakan jalan beton (Rigid Pavement), kondisi jalan Raya Bojonegara sering terjadi kerusakan jalan disebabkan oleh kelebihan beban kendaraan, dengan demikian tujuan penelitian ini untuk mengetahui angka beban ESAL kendaraan di Jalan Raya Bojonegara, untuk mengetahui persentase penurunan umur perkerasan jalan serta untuk meninjau jenis kerusakan jalan akibat besarnya kendaraaan berlebih. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode AASHTO 1993. Berdasarkan hasil survei di Jalan Raya Bojonegara pada tahun 2022 dengan menggunakan metode kualitatif pengambilan data primer dan sekunder didapat sebesar 9.732 kendaraan dan berdasarkan hasil survei kerusakan jalan terdapat jenis kerusakan seperti retak pumping,retak sudut, retak melintang, retak berlubang dan retak remek. Berdasarkan hasil analisa perhitungan menggunakan metode AASHTO 1993 dengan rumus kumulatif ESAL dan rumus reaming life, persentase penurunan umur perkerasan jalan terdapat dari hasil perhitungan beban ESAL pada tahun awal pembangunan di tahun 2016 sampai akhir umur rencana pada tahun 2036 mendapatkan persentase penurunan sebesar 95,91 % dan mengalami penurunan masa pelayanan di tahun ke 9 dari awal tahun pembuatan jalan.

References

Agustyawan, P. E., & Hartantyo, S. D. (2016). Identification of Concrete Road Damage Seen From the Damage Type. Jurnal Civilla, 1(2).

Aulia, M. D. (2011). Analisis Kebutuhan Jalan Di Kawasan Kota Baru Tegalluar Kabupaten Bandung. Jurnal Teknik Sipil, 11(1), 41–56.

Badan Standarisasi Nasional Indonesia. (2004). RSNI-Geometri Jalan Perkotaan. In Badan Standar Nasional: Jakarta (pp. 285–287).

Direktorat Jendral Bina Marga. (2017). Manual Desain Perkerasan Jalan Revisi 2017. In Badan Standar Nasional: Jakarta.

Handayasari, I., & Cahyani, R. D. (2016). Perkerasan Jalan ( Studi Kasus Ruas Jalan Soekarno Hatta Palembang ). Jurnal Teknik Sipil.

Morisca, W. (2014). Evaluasi Beban Kendaraan Terhadap Derajat Kerusakan Dan Umur Sisa Jalan (Studi Kasus : Ppt. Simpang Nibung Dan Ppt. Merapi Sumatera Selatan). Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, 2(4), 692–699.

Munggarani, N. A., & Wibowo, A. (2017). Kajian faktor-faktor penyebab kerusakan dini perkerasan. Jurnal Infrastruktur, 3(01), 9–18.

Pemukiman, D., & Wilayah, P. (2003). Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen, Pedoman Konstruksi Bangunan. In Direktorat Jendral Bina marga: Jakarta.

PP No.43. (1993). Peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 43 Tahun 1993 tentang prasarana dan lalu lintas jalan. In Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (p. 78).

Sentosa, L., & Roza, A. A. (2012). Analisis Dampak Beban Overloading Kendaraan pada Struktur Rigid Pavement Terhadap Umur Rencana Perkerasan (Studi Kasus Ruas Jalan Simp Lago – Sorek Km 77 S/D 78). Jurnal Teknik Sipil, 19(2), 161. https://doi.org/10.5614/jts.2012.19.2.7

Shahi, P. B., & Nepali, B. B. (2020). Impact of Overloaded Vehicles on Flexible Pavement : Case Study of Belhiya-Butwal Road in Nepal. 17(5), 49–61. https://doi.org/10.9790/1684-1705034961

Sukirman, S. (1999). Dasar-dasar Perencanaan Geometrik. In Bandung:Penerbit NOVA.

Sulih, K. (2012). Analisis Penurunan Umur Rencana Jalan Akibat Volume Kendaraan Dan Kelebihan Muatan ( Studi Kasus Ruas Jalan Sukoharjo – WonogiriKm 23 + 000 – 29 + 000 ). Foreign Affairs, 91(5), 1689–1699.

Suryawan, A. (2020). Perkerasan Jalan Beton Portland (Rigid Pavement) Perencanaan Metode AASHTO 1993 (ke-4). Yogyakarta

Published
2022-10-05
How to Cite
najib, M., Rosdiyani, T., & Sari, F. (2022). ANALISA VOLUME BEBAN BERLEBIH KENDARAAN TERHADAP PENURUNAN UMUR RENCANA JALAN. Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE), 4(02), 140-150. https://doi.org/10.47080/josce.v4i02.2141

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>