PERENCANAAN SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN AUTODESK LAND DESKTOP 2006 Jl. Husein Sastranegara – Jl. Faliman Jaya Kecamatan Neglasari Kota Tangerang

  • Adi setiawan UNIVERSITAS BANTEN JAYA
  • Telly Rosdiyani Universitas Banten Jaya
  • Ahmad Saiful Huda Universitas Banten Jaya
Keywords: Geometrik Jalan, Simpang Tak Bersinyal, MKJI 1997

Abstract

Pesimpangan Jl. Husein Sastranegara – Jl. Faliman Jaya Kecamatan Neglarasi Kota Tangerang titik kordinat X : 686583.247 Y : 9320788.932 merupakan yang menunjang aktifitas lalu lintas kendaraaan di kota Tangerang. Kondisi eksisting pada persimpangan tersebut sering terjadi kemacetan. Persimpangan ini berjumlah 3 lengan, penelitian ini dilakukan  untuk menganalisa kondisi simpang saat ini,kapasitas,arus lalulintas serta pendekatan solusi dalam perencanaan simpang tersebut. Data yang dibutuhkan data pada puncak pagi hari pukul 07.00 dan sore hari 18.00 selama tiga hari yaitu senin, rabu dan jumat. Dalam perhitungan persimpangan ini perlu adanya perhitungan kapasitas penumpang per jam (smp/jam) lebar simpang dan perlu adanya prediksi kendaraan dalam sepuluh tahun mendatang selain itu perlu adanya perubahan radius tikungan simpang karena sangat mempengaruhi pada kendaraan besar untuk belok atau menikung. Metode dalam perhitungan ini  mengacu pada MKJI 1997.  Hasil yang didapatkan kapasitas kendaraan pada simpang 2174.675 smp/jam, arus lalu lintas saat ini 9163.800 smp/jam, total rasio belok kiri dan kanan 7.188 terhadap total smp/jam.  Untuk arus lalu lintas dalam 10 tahun 2030 sebesar 14575.247 smp/jam menunjukan volume kendaraan akan menumpuk di jalan minor. Solusi yang direkomendasikan jalan ruas minor perlu di perlebar untuk menjaga keoptimalan kendaraan yang melintasi ke ruas jalan minor.

References

Asshto, 1984, Policy on Geometrick Design of Higway and Streets.

Asshto, 1990, A Policy on geometric Design of Highways an Streets.

Abubakar. dkk, 1995, Sistem Trasportasi Kota, Jakarta, Direktur Jendral Perhubungan Darat.

Ditjen Hubdar, 2004. Kesalamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Garber,NJ., Hoel. L.A 1988. Traffic and Highway Enginneeing. St. Paul : West Publishing Compay.

Kusnandar, Erwin.(2009), Pengkinian manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Jurnal Jalan dan Jembatan Vol. 26 No 2

Khisty, C. Jotin dan B. Kent Lall. 2003. Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi. Edisi Ketiga Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Putranto, Ph. D, Leksmono S, 2013, Rekayasa Lalu lintas edisi 2, Penerbit PT. Indeks, Jakarta.

Rorong, Novriadi.(2015), Analisa Kinerja Simpang Tak Bersinyal. Jurnal Sipil Vol.3 No 11

Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), 1997.

Morlok, K. E. (1988). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Elisabeth, Lintong (2015), Analisa Kinerja Simpang Tak Bersinyal. Jurnal Sipil Vol.3 No 6

Sukirman, Silvia, 1999, Dasar – dasar perencanaan Geometrik Jalan, Penerbit Nova

Artiwi, N., Rosdiyani, T., & Hidayatullah, H. (2020). Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Cikole Lintas Timur Kabupaten Pandeglang. Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE), 2(02), 117-127. https://doi.org/10.47080/josce.v2i02.947

Published
2020-09-24
How to Cite
setiawan, A., Rosdiyani, T., & Huda, A. (2020). PERENCANAAN SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN AUTODESK LAND DESKTOP 2006 Jl. Husein Sastranegara – Jl. Faliman Jaya Kecamatan Neglasari Kota Tangerang. Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE), 2(02), 89-97. https://doi.org/10.47080/josce.v2i02.945

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>