KARAKTERISTIK DAN REDESIGN PARKIR (STUDI KASUS: AREAL PARKIR STASIUN KERETA API PALMERAH DKI JAKARTA)

  • Telly Rosdiyani Universitas Banten Jaya
  • Fitri Aida Sari Universitas Banten Jaya
  • Bambang Hariyanto Universitas Banten Jaya
  • Syarifah Salma Burairah Universitas Banten Jaya

Abstract

Meningkatnya pertumbuhan jumlah penduduk serta keinginan untuk memiliki kendaraan pribadi membawa permasalahan lalu lintas berupa kemacetan di Kota Jakarta. Solusi kemacetan yang digemari oleh mayoritas pekerja di Kota Jakarta yaitu memanfaatkan transportasi publik. Salah satu moda transportasi publik yang dominan adalah kereta api. Namun, hal ini lantas membuat permasalahan baru di tempat pengadaan moda kereta api yaitu stasiun. Lahan yang terbatas dan tingginya pengguna kereta api menyebabkan kapasitas ruang parkir yang ada tidak dapat menampung seluruh kebutuhan parkir, sehingga mengharuskan pengunjung untuk memarkirkan kendaraannya di luar stasiun Palmerah. Penelitian ini akan membahas bagaimana karakteristik parkir di stasiun Palmerah, lalu apakah kebutuhan parkir sudah terpenuhi, dan bagaimana redesign parkir agar lahan yang ada menjadi lebih efisien. Dari penelitian ini diketahui bahwa indeks parkir di stasiun Palmerah mencapai angka 220%. Hal ini mengartikan bahwa fasilitas parkir di stasiun Palmerah bermasalah. Adapun jumlah kebutuhan ruang parkir yang didapatkan setelah penelitian berbanding jauh dengan lahan yang ada. Lahan yang ada hanya menampung 70 SRP sedangkan kebutuhan parkir adaah 143 SRP. Me-redesign fasilitas ruang parkir menjadi bangunan bertingkat menggunakan sistem APS adalah solusi yang baik untuk mengatasi permasalahan ini. Lahan parkir akan di-redesign menjadi bangunan bertingkat empat dengan kapasitas maksimum 152 SRP dari total kebutuhan 143 SRP. Dengan me-redesign lahan parkir dengan bangunan bertingkat bersistem APS, stasiun Palmerah akan mampu menampung kendaraan dengan jumlah melebihi akumulasi dan volume parkir maksimum.

References

Azshwanth, D., Mithul Titten Koshy, and T. Balachander. 2019. Automated Car Parking System. In Journal of Physics: Conference Series,Vol 1362

Bungin. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Prenadamedia Group, 2005

©2005. Depok

Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Direktorat Jendral Perhubungan. 1998. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta

Helmi. 2008. Redesain Kawasan Pendaratan Ikan Di Rembang. Redesain Kawasan Pendaratan Ikan di Rembang.

Hobbs F.D. 1995. Perencanaan Dan Teknik Lalu Lintas. Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Vol 53(9).

Latief, Abdul, Telly Rosdiyani, and Nila Prasetyo Artiwi. 2020. Kebutuhan Ruang Parkir Efektif pada Pasar Baros. Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE) Vol 2(02).

Rijal, Muhammad, Naniek Kohdrata, and Cokorda Gede Alit Semarajaya. 2016. Redesain Dan Optimalisasi Ruang Parkir Fakultas Pertanian Kampus Bukit Jimbaran Jurnal Arsitektur Lansekap Vol 2(02).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:

Sukri, Telly Rosdiyani, and Euis Amilia. 2021. Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Ruang Parkir Kendaraan di Area Pasar Pamarayan. Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE) Vol 3(1).

Sumina, and Eny Krisnawati. 2021. Analisis Kebutuhan dan Kapasitas Area Parkir di Areal Perbelanjaan Kota Surakarta. Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur Vol 26(1)

Sutapa, I, Putu Suthanaya, and I Suweda. 2008. Analisis Karakteristik Dan Pemodelan Kebutuhan Parkir Pada Pusat Perbelanjaan Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 12(2).

Tarigan, Elmia. 2014. Evaluasi Tata Letak (Layout) Dan Kapasitas Parkir Kendaraan Sepeda Motor Di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Kampus Iii Gedung Bonaventura. Jurnal Ekonomi Manajemen.

Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No. 22, Pemerintah Republik. 2009. “Undang-Undang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan No. 22/2009.”

Warpani, Suwardjoko. 1990. Sistem Merencanakan Perangkutan. ITB Bandung

Published
2023-03-31
How to Cite
Rosdiyani, T., Sari, F., Hariyanto, B., & Burairah, S. (2023). KARAKTERISTIK DAN REDESIGN PARKIR (STUDI KASUS: AREAL PARKIR STASIUN KERETA API PALMERAH DKI JAKARTA). Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE), 5(01), 46-53. https://doi.org/10.47080/josce.v5i01.2422

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>