PERANCANGAN STRUKTUR JALAN REL ANTARA STASIUN CIGADING - STASIUN ANYER KIDUL

  • Muhamad Fahmi Azis Universitas Banten Jaya
  • Dasa Aprisandi Universitas Banten Jaya
  • Ma'ulfi Kharis Abadi Universitas Banten Jaya
Keywords: perencanaan, jalan rel, kereta api

Abstract

Dalam perencanaan jalan rel terdapat Perencanaan struktur yang berisi spesifikasi rel, bantalan, penambat serta ketebalan ballast yang akan digunakan untuk menopang beban kereta api. Dalam perencanaan jalan rel Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu, literature yang dikumpulkan seperti buku dan artikel. Juga melakukan pengamatan langsung terhadap kondisi jalur kereta api. Dari hasil penelitian diperoleh cara untuk merencanakan struktur jalan rel dengan nilai kecepatan rencana 120 km/jam dari stasiun Cigading-stasiun Anyer Kidul serta tetap memperhatikan atura-aturan,yaitu sebagai berikut: 1. Memilih kategori kelas jalan rel  yang digunakan sesuai dengan PM No.60 Tahun 2012,kemudian memilih data-data perencanaan sesuai kelas jalan yang dipilih seperti jenis tipe rel,bantalan,penambat,dan syarat-syarat ketebalan balas. 2. Dengan menggunakan kecepatan rencana 120 km/jam yang melebihi batas kecepatan maksimum PM No.60 Tahun 2012, maka dilakukan analisis perhitungan menggunakan parameter-parameter keamanan. Hasil dari  analisis perhiitungan membuktikan bahwa hasil kecepatan recana 120 km/jam masih mampu dilalui oleh kelas I dengan tipe rel R.54,dengan tebal ballas 30 cm, jenis bantalan beton menggunakan K-500 dan penambat tipe pandrol E-Clip dengan  20 mm dengan pelengkap pelat landas Ruber Pad.

References

Hendra. 2014. “Struktur Jalan Rel’’, https://steemit.com/kereta//@hendrasnd/ struktur-jalan-rel, 20 September (20.57).

Japanese Government Railways. 1987. JNR (Japan National Railway). Perencanaan Struktur Jalan Rel. Government of Japan.Japan.

Lunia, I. 2016. “Filosofi Kereta Api’’, https://duniamanaya.blogspot.com/2016/02/filosofi-kereta-api.html, 20 September 2018 (20.37)

Muthohar, Imam dan Nur Budi Susanto.2015. Analisis Distribusi Beban Kereta Api Pada Konstruksi Timbunan Jalur Kereta Api. Teknik. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Nanda, B. 2013. “Struktur Jalan Rel’’, http://bestananda.blogspoot.com/2013/08/struktur-jalan-rel.html , 20 September 2018 (14.13).

Peraturan Dinas No.10 Tahun 1986. Peraturan Konstruksi Jalan Rel. 2 April 1986. Jakarta.

Peraturan Menteri Perhubungn Republik Indonesia Nomor.60 Tahun 2012. Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api. 23 November 2012. Menteri perhubunngan RI. Jakarta.

Peraturan dinas No.10 Tahun 1986. Peraturan Konstruksi Jalan Rel . 2 April 1986. Jakarta.

PT. Duta Arta Sempana. 2018. “ Rel Kereta Api’’, http://www.dutaartasempana.co.id/121_news_rel_kereta_api, 20 September (21.23).

Rosyidi, S.P.2015 “Rekayasa Jalan Kereta Api: Tinjauan Struktur Jalan Rel”, https:www.academia.edu/12749873/Rekayasa_Jalan_Kereta_Api_Tinjauan_Struktur_Jalan_Rel_-_Railway_Engineering_in_Bahasa_Indonesia 20 Desember 2018 (13.09).

Sumardi, U. 2016. “Perencanaan Jalan Rel Kereta Api”, http://umarcivilengineering.blogspot.com/2016/02/perencanaan-jalan-rel-kereta-api.html , 20 September (20.46).

Tianti, A. 2016. “Jalan Rel dan Jembatan”, http://jalanreldanjembatan.blogspot.com /2016/12/peraturan-yang-berkaitan-dengan-unit.html, 20 September 2018 (13.04).

Published
2021-08-23
How to Cite
Azis, M., Aprisandi, D., & Abadi, M. (2021). PERANCANGAN STRUKTUR JALAN REL ANTARA STASIUN CIGADING - STASIUN ANYER KIDUL. Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE), 3(02). https://doi.org/10.47080/josce.v3i02.1447