ANALISIS TAHAPAN AWAL PENERAPAN SIX SIGMA DI TAMAN KOPI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MUTU PELAYANAN

  • Pugy Gautama Universitas Banten Jaya
Keywords: Kedai Kopi, Six Sigma, SERVQUAL, Tahap Awal Proyek Six Sigma

Abstract

Bisnis toko kopi telah berkembang dan menjadi tren di kota Serang. Munculnya lebih dari 20 kedai kopi modern antara 2016 dan 2018 adalah peningkatan terbesar di kota Serang. Salah satu kedai kopi yang mengikuti kenaikan ini adalah Taman Kopi Serang. Untuk memenangkan persaingan, Taman Kopi Serang harus memprioritaskan kepuasan pelanggan. Aplikasi metode Six Sigma - DMAIC dipilih sebagai langkah yang tepat untuk membuat pelanggan merasa puas setelah menggunakan layanan Taman Kopi Serang. Beberapa aspek harus diperhatikan ketika menggunakan metode Six Sigma - DMAIC, seperti mendefinisikan proses layanan, mengukur proses layanan, menganalisis masalah layanan, meningkatkan, dan mengontrol proses setelah perbaikan. Penelitian ini hanya menjelaskan tahap awal sebelum menjalankan proyek Six Sigma.

References

Anggawisastra, R., Sutalaksana, I. Z, dan Tjakraatmadja, J. H. 1979. Teknik Tata Cara Kerja. Departement Teknik Industri ITB : Bandung
Breyfogle, Forrest W. III. 1999. Implementing Six Sigma: Smarter Solutions Using Statistical Methods. John Wiley & Sons. New York
Djawahir AH, Ompusunggu MP. 2014. Gaya Hidup dan Fenomena Perilaku Konsumen pada Warung Kopi di Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen. 12(2):188-196
Evans, James R., dan William M. Lindsay. 2005. An Introduction to Six Sigma & Process Improvement. Thompson, Ohio.
Kotler, Phillip. 2004. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Lukman Y. Remiasa M. 2007. Analisis Persepsi Pelanggan terhadap Kualitas Layanan Coffee Shop Asing dan Coffee Shop Lokal. Jurnal Manajemen Perhotelan. 3(2):70-79
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Bayu Media Publishing. Malang
Gasperz, Vincent. 2002. Pedoman Implementasi Six Sigma Terintegrasi dengan ISO 9001 : 2000, MBNQA dan HACPP. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Pande, Peter S. Robert P. Neuman, dan Ronald R. Cavanagh. 2000. The Six Sigma Way, How GE, Motorola, and Other Top Companies are Honing Their Performance. McGraw-Hill. New York
Pande, Peter S. Robert P. Neuman, dan Ronald R. Cavanagh. 2000. The Six Sigma Way, Bagaimana GE, Motorola, dan Perusahaan Terkenal Lainnya Mengasah Kinerja Mereka. Penerbit Andi. Yogyakarta
Panggabean E. 2010. Buku Pintar Kopi. PT. AgroMedia Pustaka. Jakarta
Parasuraman., Zeithaml Valerie A., Berry Leonard L. 1986. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, pp. 41-50
Sleeper, Andrew. 2006. Design for Six Sigma Statistics. McGraw-Hill, Inc., United State of America
Stenley I. 2009. Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Coffee Shop Waroeng Kopi serta Implikasinya terhadap Strategi Pemasaran [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor
Tjiptono, Fandy, 2005. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama, Penerbit Andy Offset. Yogyakarta
Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. 1995. Total Quality Management. Andi. Yogyakarta
Welch, J.F. 2000. Jurnal Six Sigma Hand Book 1.
Zeithaml, Valerie A, Parasuraman, A, & Berry, Leonard L. 1990. Delivery Quality Service : Balancing Customer Perception and Expectation. The Free Press. New York
Published
2019-03-14
How to Cite
Gautama, P. (2019). ANALISIS TAHAPAN AWAL PENERAPAN SIX SIGMA DI TAMAN KOPI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MUTU PELAYANAN. Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 2(1), 85-93. https://doi.org/10.47080/intent.v2i1.522
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)