LITERATUR REVIEW: KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI RUMAH SAKIT

  • Siti Hani Awati universitas banten jaya
  • Najah Syamiyah universitas banten jaya
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Peserta, BPJS Kesehatan

Abstract

Kualitas pelayanan mempunyai peran yang sangat penting terhadap kepuasan pelanggan. Pelanggan akan merasa puas apabila mereka mendapatkan pelayanan dengan kualitas terbaik. Kualitas pelayanan yang baik akan mampu menciptakan kepuasan bagi konsumennya. Dalam pelayanan BPJS Kesehatan tingkat kepuasan peserta BPJS merupakan hal yang penting. Sebagai Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kepuasan pelayanan perlu diperhitungkan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasan bagi peserta BPJS kesehatan. Tujuannya yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS. Penelitian ini menggunakan metode Literature Review dengan mengambil sumber data dari database elektronik yaitu Google Scholar, Artikel dan jurnal penelitian sebelumnya yang diterbitkan pada Tahun 2016- 2021. Setelah dilakukan seleksi dan diidentfikasi sesuai dengan kriteria inklusi, terdapat 3 artikel yang akan di review. Hasil: ada 3 Artikel yang berpengaruh signifikan antara kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan BPJS.

References

Abidin. (2016a). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cempae Kota Parepare Effect Of Bpjs Health Service Quality on Patient Satisfaction in Cempae Community Health Center , Parepare City. Jurnal Mkm, 12(2), 70–75.

Abidin, A. (2016b). Pengaruh kualitas pelayanan BPJS kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 70–75. http://journal.unhas.ac.id/index.php/mkmi/article/view/922

Caesaron, D. (2015). Pendahuluan. Implementasi Pendekatan DMAIC Untuk Perbaikan Proses Produksi Pipa PVC (Studi Kasus PT. Rusli Vinilon), 16, 91 – 96.

Dewi, L. (2021). Literatur Review: Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta Bpjs. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 13(2). https://doi.org/10.36729/bi.v13i2.932

Dewi, M. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna bpjs pada rumah sakit rehabilitasi medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 535–544. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/79

Kotler & Keller. (2014). npioh,+Jurnl+Yesri+124-129. 2(2).

Mahmudin. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Qudwah Mart di Lebak. Aksioma Al-Musaqoh: Journal of Islamic Economics and Business Studies, 5(1), 22.

Najib, K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Saptosari Gunungkidul D.I. Yogyakarta. Manajemen, Bisnis Dan Ekonomi, 1(1), 35. https://doi.org/10.26798/manise.v1i1.666

Putri, A. D., Pascarani, N. N. D., Wismayanti, D., & Wiwin, K. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Tingkat II Udayana Denpasar. Citizen Charter. https://www.neliti.com/publications/28629/pengaruh-kualitas-pelayanan-kesehatan-terhadap-kepuasan-pasien-peserta-bpjs-di-r

Published
2025-01-28
How to Cite
Awati, S., & Syamiyah, N. (2025). LITERATUR REVIEW: KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI RUMAH SAKIT. JOURNAL OF BAJA HEALTH SCIENCE, 5(1), 36-51. https://doi.org/10.47080/joubahs.v5i1.3464

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>