LITERATUR REVIEW: KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI RUMAH SAKIT
Abstract
Kualitas pelayanan mempunyai peran yang sangat penting terhadap kepuasan pelanggan. Pelanggan akan merasa puas apabila mereka mendapatkan pelayanan dengan kualitas terbaik. Kualitas pelayanan yang baik akan mampu menciptakan kepuasan bagi konsumennya. Dalam pelayanan BPJS Kesehatan tingkat kepuasan peserta BPJS merupakan hal yang penting. Sebagai Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kepuasan pelayanan perlu diperhitungkan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasan bagi peserta BPJS kesehatan. Tujuannya yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS. Penelitian ini menggunakan metode Literature Review dengan mengambil sumber data dari database elektronik yaitu Google Scholar, Artikel dan jurnal penelitian sebelumnya yang diterbitkan pada Tahun 2016- 2021. Setelah dilakukan seleksi dan diidentfikasi sesuai dengan kriteria inklusi, terdapat 3 artikel yang akan di review. Hasil: ada 3 Artikel yang berpengaruh signifikan antara kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan BPJS.
References
Abidin. (2016a). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cempae Kota Parepare Effect Of Bpjs Health Service Quality on Patient Satisfaction in Cempae Community Health Center , Parepare City. Jurnal Mkm, 12(2), 70–75.
Abidin, A. (2016b). Pengaruh kualitas pelayanan BPJS kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 70–75. http://journal.unhas.ac.id/index.php/mkmi/article/view/922
Caesaron, D. (2015). Pendahuluan. Implementasi Pendekatan DMAIC Untuk Perbaikan Proses Produksi Pipa PVC (Studi Kasus PT. Rusli Vinilon), 16, 91 – 96.
Dewi, L. (2021). Literatur Review: Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta Bpjs. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 13(2). https://doi.org/10.36729/bi.v13i2.932
Dewi, M. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna bpjs pada rumah sakit rehabilitasi medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 535–544. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/79
Kotler & Keller. (2014). npioh,+Jurnl+Yesri+124-129. 2(2).
Mahmudin. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Qudwah Mart di Lebak. Aksioma Al-Musaqoh: Journal of Islamic Economics and Business Studies, 5(1), 22.
Najib, K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Saptosari Gunungkidul D.I. Yogyakarta. Manajemen, Bisnis Dan Ekonomi, 1(1), 35. https://doi.org/10.26798/manise.v1i1.666
Putri, A. D., Pascarani, N. N. D., Wismayanti, D., & Wiwin, K. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Tingkat II Udayana Denpasar. Citizen Charter. https://www.neliti.com/publications/28629/pengaruh-kualitas-pelayanan-kesehatan-terhadap-kepuasan-pasien-peserta-bpjs-di-r
Copyright (c) 2025 JOURNAL OF BAJA HEALTH SCIENCE

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.