LITERATUR REVIEW HUBUNGAN KEPUASAN PELAYANAN PESERTA BPJS DAN UMUM DI INSTALASI KESEHATAN
Abstract
Kepuasan adalah hal yang digunakan dalam panutan sebagai penentu kesuksesan suatu program pelayanan yang melibatkan harapan pasien kepada petugas untuk memberikan pelayanan yang baik dan adil tidak membeda-bedakan antar pasien baik pengguna bpjs kesehatan maupun umum harus diperlakukan sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum mengenai hubungan asuhan keperawatan pelayanan bpjs dan pelayanan umum terhadap kepuasan pasien. Metode literature review yang digunakan dalam pengumpulan jurnal menggunakan google scholar dan artikel terbitan tahun 2015-2020. Hasil literature yaitu adanya hubungan pelayanan bpjs dan pelayanan umum terhadap kepuasan pasien. Hal ini berdasarkan hasil kepuasan pasien dimana kepuasan pasien pengguna bpjs lebih rendah dari pasien umum. Hal ini terbukti dari setiap jurnal yang ada menunjukkan kepuasan pasien bpjs yang masih rendah. Dan terdapat perbedaan antara pasien bpjs dan pasien umum terhadap kualitas yang diberikan dalam pelayanan seperti perlakuan yang dibedabedakan, proses pendaftaran yang berbelit-belit, dan merasa tidak dilayani sesuai standar prosedur.
References
Ambar Sari, P., Ichsan, B., & Alam, Y. (2015). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dengan Pasien Umum di RSUD Dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Naskah Publikasi, 1–10. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/40493/
Datuan, N., Darmawansyah, D., & Daud, A. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta Bpjs di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim, 1(3). https://doi.org/10.30597/jkmm.v113.8820
Haq, M. M. (2018). Perbedaan kepuasan pasien bpjs dan non bpjs pada mutu pelayanan keperawatan di ruang rawat inap rsi sakinah kab mojokerto. Perbedaan Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Keperawatan Di Ruang
Rawat Inap RSI Sakinah Mojokerto.
Kurniawan, Y., Pujianto, A., & Andayani, S. (2015). Analisis Perbedaan Pelayanan Kesehatan. Jurnal Dinamika Administrasi, (1).
Naufal Roby Firmansyah, Christyana Sandra, & Eri Witcahyo. (2016). Perbedaan Kepuasaan antara Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional dengan Umum Berdasarkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Inap RSD dr.Soebandi Jember. The Realationship Between The Quality Of Health Sevieces And Patien Satisfaction Of Users Of The Social Security Organizing Body (Bpjs) At The Maiwa Health Center In Enrekang Regency Nurheda 1) Usman. 1 (1), 2614-3151. Retrieved form hhttp://jurnal.umpar.ac.id/index.php/makes
Pertiwi, A. (2017). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien Bpjs Dan Pasien Umum Terhadap Kepuasan Pasien Di Rawat Jalan Rsud Kota Surakarta.
Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 113. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4508 Profil Kesehatan Kab/Kota. (2017). https://dinkes.bantenprov.go.id/id/archive/profilkesehatan-provinsi-bant/1.htm
Rusman, A. D. P. (2018). The Relationship Between The Quality Of Health Sevices And Patien Satisfaction Of Users Of The Social Security Organizing Body (Bpjs) At The Maiwa Health Center In Enrekang Regency Nurheda 1) Usman. 1(1), 2614–3151. Retrieved from http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/makes
Supandri, O. D. I., Ketaren, O., & ... (2019). Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien Bpjs Dan Pasien Umum Rawat Inap Di Rumah Sakit Muhammadiyah
Medan Tahun 2019. JURNAL ILMIAH …. https://www.mendeley.com/researchpapers/cc18ee22-13d2-38d2-984a-5e006f157d89/
Copyright (c) 2024 JOURNAL OF BAJA HEALTH SCIENCE
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.