ANALISIS GEOMETRIK JALAN LINGKAR SELATAN (JLS) STATIONING 08+050 SAMPAI STATIONING 08+475 KOTA CILEGON

Authors

  • Nila Prasetyo Artiwi Universitas Banten Jaya
  • Didy Sugiarto Universitas Banten Jaya
  • M. Ichwanul Yusup Universitas Banten Jaya

DOI:

https://doi.org/10.47080/j8yhhc73

Keywords:

Alinyemen, Cilegon, Elevasi, Geometrik, Stationing

Abstract

Jalan lingkar Selatan Kota Cilegon masuk dalam klasifikasi jalan perkotaan sesuai Sk Walikota No. 620/Kep.19-DPUTR/2022 Tentang Status Jalan Kota Cilegon, kelas III, jalan kolektor sekunder Ruas jalan ini merupakan salah satu urat nadi pertumbuhan ekonomi baik di Kota Cilegon maupun Kabupaten Serang. Pada bagian ruas jalan terdapat titik-titik jalan yang rawan terhadap keselamatan lalu lintas, salah satunya di Stationing 08+175 sampai Stationing 08+425 pada lokasi Simpang Lebak Denok. Pada titik kemacetan lalu lintas terbesar disebabkan oleh alinyemen vertikal yang belum memenuhi standar yang disyaratkan oleh Bina Marga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data berupa angka yang dianalisis menggunakan rumus-rumus empirik sesuai Pedoman Desain Geometrik Jalan Bina Marga 2021. Data ukuran geometrik jalan dikumpulkan secara pengukuran langsung yang menjadi data primer seperti lebar lajur jalan, bahu jalan dan jenis perkerasan, dan juga ada yang didapatkan dari dokumen berupa data sekunder berupa data klasifikasi jalan, indikator kecepatan rencana dan besar jari-jari tikungan pada alinyemen horisontal. Analisis pada geometrik jalan berupa alinyemen vertikal dan horisontal bertujuan untuk mengetahui besarnya nilai elevasi alinyemen vertikal maupun horizontal yang ada di lapangan. Analisis alinyemen vertikal dan horizontal pada jalan lingkar selatan ini mempertimbangkan aspek keselamatan pengguna jalan. Elevasi vertikal maksimum pada ruas jalan ini sebesar 10% dan elevasi horizontal menunjukkan angka 200 sampai dengan 500 m. Pedoman Desain Geometrik Jalan Bina Marga 2021 mensyaratkan untuk tinggi elevasi maksimum alinyemen vertikal adalah 8%. Untuk alinyemen horisontal sudah memenuhi standar geometrik jalan yaitu > 200m, sehingga direkomendasikan perlunya perencanaan ulang kondisi Geometrik Jalan Lingkar Selatan STA. 08+175 sampai STA. 08+425 agar memenuhi standar geometrik dan kemantapan jalan sesuai dengan yang disyaratkan. Selain itu diperlukan rambu-rambu agar pengendara mengetahui bahwa akan memasuki tanjakan yang curam sehingga dapat menurunkan resiko kecelakaan.

References

David W Rambitan, 2022, Analisis Geometrik Jalan Pada Ruas jalan Tondano-Suluan STA.0+000-STA3+000S. Jurnal Tekno. Vol. 20 No.81. Agustus.https://ejournal.unsrat.ac.id/
Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga. 2021. Pedoman Desain Geometrik Jalan, Ditjen Bina Marga.
Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Ditjen Bina Marga.
https://www.bantenraya.com.jls penyumbang kecelakaan lalu-lintas terbanyak di kota cilegon, diakses pada 14 September 2024
Departemen Pekerjaan Umum, 2011, Permen PU Nomor : 19 /PRT/M/2011 Tentang persyaratan Teknis Jalan dan Kriteria Perencanaan Teknis Jalan.
M Lubis, 2019. Evaluasi Geometrik Jalan pada Tikungan Laowaru. https://ejournal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
NP Artiwi, 2023, Analisis desain geometrik Jalan raya pasar Teneng Kabupaten Serang Provinsi Banten. Journal of Sustainability Civil Engineering (JOSCE) Vol. 05 No. 1.https://ejournal.unbaja.ac.id/index.php/josce/article/view/2405/1325.
Peraturan Pemerintah. 2006. No.34. Tentang Jalan.
Peraturan Pemerintah (PP) No. 43. 1993. Tentang Prasarana dan Lalu Lintas.
Republik Indonesia, Undang-Undang No. 2. 2022, Tentang Undang - Undang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan.
S. Abadiyah, Analisa Geometrik Jalan Pada tanjakan Akses Tol Jakarta –Merak Menuju Kota Tangerang , 2020. Journal of Sustainability Civil Engineering (JOSCE) Vol. 02 No. 1. https://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/josce/article/view/861
Sukirman, S., 1999. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Nova, Bandung.

Published

2025-08-20

How to Cite

ANALISIS GEOMETRIK JALAN LINGKAR SELATAN (JLS) STATIONING 08+050 SAMPAI STATIONING 08+475 KOTA CILEGON. (2025). Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE), 7(01), 17-27. https://doi.org/10.47080/j8yhhc73

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>