Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Pemberian Vaksinasi Covid 19 di MAN I Kota Serang
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan peneliti untuk mengetahui seberapa pengaruhnya peran orang tua siswa dalam pelaksanaan pemberian vaksinasi Covid-19 akan berdampak pada percepatan pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid-19 dengan aman. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap pemberian Vaksin Covid-19 pada siswa kelas XI MAN 1 Kota Serang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni s/d Agustus 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Kota Serang, dengan keseluruhan sampel sebanyak 34 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif analitik. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pengaruh signifikan antara Peran Orang Tua terhadap Pemberian Vaksin Covid-19 pada Siswa Kelas XI di MAN I Kota Serang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig = 0,015 < 0,05 dan F-hitung = 6,648. Dapat disimpulkan bahwa peran orang tua membawa dampak terhadap pemberian vaksin Covid-19.
References
Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., Munthe, S. A., Hulu, V. T., Budiastutik, I., Faridi, A., Ramdany, R., Fitriani, R. J., & Tania, P. O. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.
Agustin, F. Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Imunisasi Di Era Pandemi Corona Virus Diesease 2019 (Covid-19). Stikes Insan Cendekia Medika Jombang.
Andrasto, K. (2021). Optimalisasi Peran Wali Kelas untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Siswa Masa Pandemi Covid-19. Journal of Classroom Action Research, 3(2).
Astuti, N. P., Nugroho, E. G. Z., Lattu, J. C., Potempu, I. R., & Swandana, D. A. (2021). Persepsi Masyarakat terhadap Penerimaan Vaksinasi Covid-19: Literature Review. Jurnal Keperawatan, 13(3), 569–580.
Dethan, C. M., & Suariyani, N. L. P. (2017). Pengetahuan dan sikap tentang perilaku vaksinasi HPV pada siswi SMA swasta. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin, 13(2), 167–175.
Dini, J. P. A. U. (2021). Tantangan guru dan orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441–1463.
Fauzia, A., & Hamdani, F. (2021). Pendekatan Socio-Cultural dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(1), 323–338.
Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256.
Powa, N. W., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Persetujuan Orang Tua Terhadap Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SMK Santa Maria Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 100–111.
Subakti, H., Chamidah, D., Siregar, R. S., Saputro, A. N. C., Recard, M., Nurtanto, M., Kuswandi, S., Ramadhani, R., & Sitopu, J. W. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90.
Wantini, N. A., & Indrayani, N. (2020). Kesediaan Vaksinasi HPV pada Remaja Putri Ditinjau dari Faktor Orang Tua. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 7(2), 213–222.
Waqfin, M. S. I., Rahmawati, A., Khamim, M., & Sunniyah, I. (2020). Langkah Dasar Memutus Rantai Penyebaran Covid-19 Melalui Edukasi Protokol Kesehatan Siswa MI Al-Ikhsan. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 39–43.
Copyright (c) 2022 JOURNAL OF BAJA HEALTH SCIENCE

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.