TINJAUAN ANALISIS PERHITUNGAN KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN AIR LIMBAH UNTUK PERENCANAAN SISTEM PENYALURAN AIR LIMBAH DI PERUMAHAN BUMI CIRUAS PERMAI 1 KABUPATEN SERANG

  • Frebhika Sri Puji Pangesti Universitas Banten Jaya
  • Ade Ariesmayana Universitas Banten Jaya
Keywords: SPALD, Air Bersih, Domestik

Abstract

Perumahan Bumi Ciruas Permai I  terletak di Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Kawasan ini mempunyai luas sebesar 253.839 m2 dan jumlah populasi penduduknya sebesar 1352 jiwa. Jumlah penduduk dari tahun ke tahun semakin meningkat, dengan peningkatan jumlah penduduk tersebut berakibat kebutuhan air bersih dan air limbah yang ada di Perumahan Bumi Ciruas Permai I juga mengalami peningkatan. Wilayah perumahan Bumi Ciruas Permai I berdasarkan area beresiko sanitasi termasuk kedalam kategori sanitasi sangat tinggi. Greywater yang dihasilkan langsung dibuang ke saluran drainase tanpa pengolahan, sedangkan sisa air buangan (black water) yang mengandung urine dan tinja akan ditampung ke dalam tangki septic. Upaya meminimalisir pencemaran diperlukan perencanaan sistem penyaluran air limbah dengan sistem terpusat, sehingga diperlukan peninjauan tingkat kebutuhan air bersih dan air limbah pada wilayah tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan total kebutuhan air bersih domestik dan kebutuhan air non domestik (fasilitas umum) pada Perumahan Bumi Ciruas Permai I tahun 2029  sebesar 316.546 liter/hari.Debit air limbah  masyarakat Perumahan Bumi Ciruas Permai I sebesar 253,237 m3/hari, sedangkan debit air limbah grey water sebesar 189,92 m3/hari. Hasil perhitungan tersebut akan dijadikan dasar dalam perencanaan sistem penyaluran air limbah sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 4 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaran Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD).

References

Asep Suheri. (2019). “Model Prediksi Kebutuhan Air Bersih Berdasarkan JumlahPenduduk di Kawasan Perkotaan Sentul City”. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan. Vol.4. No.01. 38.

Adioetomo, S. M. dan Samosir, O. B., (2010). Dasar-dasar Demografi Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Direktorat Jendral Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum. (2006). Kriteria Penyediaan Air Bersih. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. (2016). Kementerian Pekerjaan Umum Dan Pekerjaan Rakyat tentang Air Limbah Domestik. Jakarta: Sekretarian Negara.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 4 Tahun 2017 tentang Penyelenggaran Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD).

Published
2022-02-28
How to Cite
Pangesti, F., & Ariesmayana, A. (2022). TINJAUAN ANALISIS PERHITUNGAN KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN AIR LIMBAH UNTUK PERENCANAAN SISTEM PENYALURAN AIR LIMBAH DI PERUMAHAN BUMI CIRUAS PERMAI 1 KABUPATEN SERANG. Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE), 4(01), 1-9. https://doi.org/10.47080/josce.v4i01.1831

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>