PENGUKURAN MODEL SCOR DAN ANALISIS SWOT PADA RANTAI PASOK CUMI-CUMI DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA KARANGANTU

  • Afni Khadijah Universitas Banten Jaya
  • Huswatun Hasanah Universitas Banten Jaya
  • Andi Suherlan Universitas Banten Jaya
Keywords: Rantai Pasok Cumi, PPN Karangantu, SCOR, SWOT

Abstract

Pengelolaan rantai pasok komoditas cumi segar sangat diperlukan, karena cumi memiliki nilai ekonomis, permintaan tinggi, dan manfaat yang tinggi bagi nelayan dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fasilitas pendukung penangkapan cumi segar, menganalisa rantai pasok cumi segar dan mengukur kinerja rantai pasok cumi segar menggunakan model SCOR dan analisis SWOT. Metode penelitian menggunakan model SCOR dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan PPN Karangantu telah menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk mendukung penangkapan cumi segar. Rantai pasok cumi segar di PPN Karangantu diperankan oleh aktor utama nelayan selaku produsen yang kemudian dibeli oleh bakul ikan selaku pemborong maupun pelaku usaha pengolahan cumi untuk dilanjutkan pada pengecer hingga konsumen akhir. Hasil pengukuran kinerja rantai pasok cumi segar di PPN Karangantu menggunakan model SCOR dianalisa sudah cukup baik karena waktu pemenuhan pesanan hanya membutuhkan 1-3 hari dengan jumlah pesanan yang mampu dipenuhi mencapai 75 %. Berdasarkan analisis SWOT, PPN Karangantu memiliki kekuatan karena dekat dengan daerah tangkapan cumi yaitu di wilayah WPP-RI 712 (Laut Jawa). Tangkapan cumi masih dapat dimaksimalkan karena tingginya harga cumi dan permintaan dari konsumen. Sedangkan dari sisi ancaman, PPN Karangantu diharapkan dapat mengantisipasi pasokan cumi segar pada saat musim paceklik.

References

Heizer, J dan Barry Render. 2011. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Indrajit, Richardus Eko., dan Djokopranoto, R. 2012. Konsep Manajemen Supply Chain: Strategi Mengelola Manajemen Rantai Pasokan Bagi Perusahaan Modern di Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Paul, John. 2014. Panduan Penerapan Transformasi Rantai Suppli dengan Model SCOR. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.

Prayoga, Muhamad Yogi., Budhi Hascaryo Iskandar, dan Sugeng Hari Wisudo. 2017. Peningkatan Kinerja Manajemen Rantai Pasok Tuna Segar di PPS Nizam Zachman Jakarta (PPSNJ). ALBACORE Volume I, No 1. Institut Pertanian Bogor. ISSN 2549-1326.

Pujawan, I Nyoman dan Mahendrawathi. 2015. Supply Chain Management. Surabaya: Guna Widya.

Rangkuti, F. 2017. Analisis SWOT Teknik Membedah kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Simchi-Levi D., Kaminsky P., Simchi-Levi E. 2015. Designing and Managing the Supply Chain; Concepts, Strategies, and Case Studies. Massachusets [US] : MIT pr.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutojo, Siswanto dan F Kleinsteuber. 2018. Strategi Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama, Jakarta: Damar Mulia Pustaka.
Published
2021-06-30
How to Cite
Khadijah, A., Hasanah, H., & Suherlan, A. (2021). PENGUKURAN MODEL SCOR DAN ANALISIS SWOT PADA RANTAI PASOK CUMI-CUMI DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA KARANGANTU. Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 4(1), 11-24. Retrieved from http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/intent/article/view/1399
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>