PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA BERDASARKAN WAKTU STANDAR DENGAN METODE WORK SAMPLING

  • Eka Indah Yuslistyari Universitas Serang Raya
  • Achmad Syarifudin Universitas Banten Jaya
  • Zevi Kurniawan Universitas Serang Raya
Keywords: Tenaga Kerja, Waktu Standar, Work Sampling

Abstract

UD. Boga Rasa merupakan industri rumahan yang bergerak pada bidang pengolahan makanan ringan cilok di Rangkasbitung. Dari pengamatan sekilas terlihat bahwa bagian produksi UD. Boga Rasa memiliki kendala tidak bisa mencapai target produksi yang telah direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu standar yang diperlukan pekerja dalam menyelesaikan pekerjaan di bagian produksi UD. Boga Rasa dan mengetahui jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan berdasarkan waktu standar di bagian Produksi UD. Boga Rasa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan langsung dan wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode work sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan waktu standar yang diperlukan pekerja dalam menyelesaikan pekerjaan di bagian produksi UD. Boga Rasa adalah proses pengadonan sebesar 0,15 menit, proses pencetakan sebesar 0,16 menit, proses pengisian sebesar 0,16 menit, proses penggulungan sebesar 0,16 menit, proses perebusan sebesar 0,18 menit dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan berdasarkan waktu standar di bagian produksi UD. Boga Rasa adalah proses pengadonan sebanyak 2 orang, proses pencetakan sebanyak 2 orang, proses pengisian sebanyak 2 orang, proses penggulungan sebanyak 2 orang, dan proses perebusan sebanyak 3 orang.

References

Cega, Gilang Fathin, Yogaswara, Budhi dan Mardiansyah, Achmad. 2017. Analisis Beban Kerja dan Kebutuhan Tenaga Kerja Karyawan Divisi Logistik di PT. XYZ Menggunakan Metode Work Sampling. Journal e-Proceeding of Engineering. Vol. 4. No. (3). 4525 – 4532.

Jono. 2015. Pengukuran Beban Kerja Tenaga Kerja dengan Metode Work Sampling (Studi Kasus di PT. XY Yogyakarta). Jurnal Spektrum Industri. Vol. 13. No. (2). 205 – 216.

Nilanda, Ulfah, As’ad, Nur Rahman dan Nasution, Aswardi. 2018. Pengukuran Beban Kerja untuk Menentukan Jumlah Operator pada Bagian Mesin Rajut (Studi Kasus Home Industry Citra Iqra Pratama). Jurnal Prosiding Teknik Industri. Vol. 4. No. (1). 118 - 126.

Nur, Fitri Muhammad dan Ihwan, Khairul. 2017. Tingkat Produktivitas Pekerja Penyungkil Kelapa dengan Menggunakan Metode Work Sampling. Jurnal Teknik Industri UNISI. Vol. 1. No. (1). 1 - 10.

Nurjannah, Piqih. 2009. Penentuan Jumlah Tenaga Kerja Berdasarkan Waktu Standar dengan Metode Work Sampling di Bagian Packing pada PT. Sinar Oleochemical International. Skripsi pada FT Universitas Sumatera Utara Medan. Tidak Diterbitkan.

Rachman, Taufiqur. 2013. Penggunaan Metode Work Sampling untuk Menghitung Waktu Baku dan Kapasitas Produksi Karungan Soap Chip di PT. SA. Jurnal Inovasi. Vol. 9. No. (1). 48 – 60.

Rafian, Muhammad Ade dan Muhsin, Ahmad. 2017. Analisis Beban Kerja Mekanik pada Departemen Plant dengan Metode Work Sampling. Jurnal Optimasi Sistem Industri. Vol. 10. No. (1). 35 – 42.

Santoso, Dewi Agustini dan Supriyadi, Agus. 2010. Perhitungan Waktu Baku dengan Metode Work Sampling untuk Menentukan Jumlah Tenaga Kerja Optimal. Jurnal Prosiding SNST Fakultas Teknik. Vol. 1. No. (1). 1 – 4.

Setyabudhi, Albertus L., Yasra, Refdilzon dan Seruwanto, Heru. 2017. Analisis Waktu Standar Pelayanan dan Produktivitas Pegawai Menggunakan Metode Work Sampling. Jurnal Kreatif Industri. Vol. 1. No. (1). 9 - 20.

Soeprihanto, John. 1984. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.

Sutalaksana, Iftikar Z., Anggawirasta, Ruhana dan Tjakraatmadja, John H. 2006. Teknik Perancangan Sistem Kerja (Edisi Kedua). Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Walangitan, Ronny. 2012. Produktivitas Tenaga Kerja dengan Menggunakan Metode Work Sampling pada Pekerjaan Kolom dan Balok Mega Trade Center Manado. Jurnal Tekno Sipil. Vol. 10. No. (57). 14 – 20.

Wignjosoebroto, Sritomo. 2003. Pengantar Teknik dan Manajemen Industri (Edisi Pertama). Surabaya: Guna Widya.
Published
2021-06-30
How to Cite
Yuslistyari, E., Syarifudin, A., & Kurniawan, Z. (2021). PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA BERDASARKAN WAKTU STANDAR DENGAN METODE WORK SAMPLING. Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 4(1), 1-10. Retrieved from http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/intent/article/view/1398
Section
Articles