ANALISIS BUTIR SOAL URAIAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI 1

  • Budi Mulyati Universitas Banten Jaya
Keywords: Item Analysis, Essay Item

Abstract

The purpose of this study was to analyze the items in the form of essay items, given as a final exam in subject of introductory accounting 1. This question was given to nineteen students in semester 1 of the 2020-2021 academic year. This study used a descriptive method with a quantitative approach. For the purposes of analysis, the item analysis technique was used, which consisted of an analysis of the level of difficulty of the items and the analysis of the differentiating power of the items. Based on the results of the analysis, the results obtained that the questions made had an index of difficulty level as an easy question of 50% and an average question of 50%. And based on the results of the analysis of the differentiating power index, the questions included as questions that needed to be revised were 33.3% and questions that were not good were 67.7%.

References

a. Dari buku teks:

Gantini, P. & Suhendar, D. (2017). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Erlangga.

Sunarti & Rahmawati, S. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013: Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah- Langkah Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta. CV. Andi Offset.

b. Dari skripsi/Tesis/Disertasi

Dayamsari, P. (2012). Faktor- factor yang mempengaruhi Pemahaman Mahasiswa Program Studi Akuntansi Angkatan Tahun 2009 terhadap Mata Kuliah Pengantar Akuntans pada Perguruan Tinggi Swasta di Seberang Ulu II Palembang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang. Tersedia online: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/1217/1/SKRIPSI1023-1710113252.pdf.

Kusuma, A.S. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA N 1 Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia online: http://eprints.ums.ac.id/57376/15/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf.

Sari, M.A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2016 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia online: http://eprints.ums.ac.id/60457/10/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf.

c. Dari Jurnal

Apridasari, E. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Bidang Akuntansi. Dewantara, 2, 230-240.

Argaheni, N.B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring saat Pandemi Covid-19 terhadap Mahasiswa Indonesia. Placentum Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8 (2), 99-108.

Chesaria, R.D., Adi, W., & Muchsini, B. (2015). Analisis Faktor- Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Tata Arta, 1 (1), 94-102.

Dewi, S.N. (2020). Dampak Covid 19 terhadap Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 12 (2), 87-93.

Fikri, M., Faizah, N., Elian, S. A., Rahmani, R., Ananda, M. Z., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145-145.

Kafid, M. (2007). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Akuntansi. Dinamika Pendidikan, 2 (1), 1-30.

Kusmiati, L. & Rahadi, D.R. (2020). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 33 (2), 92-101.

Nainggolan, J., Pardede, S., & Butar-butar, I. (2020). Survei Kendala Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen dalam Pelaksanaan Perkuliahan Online. Jurnal Suluh Pendidikan, 8 (2), 1-8.

Napitupulu, R.M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7 (1), 23-33.

Rigianti, H.A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 9 (2), 297-302.

Sakdiah, K. & Silalahi, C.A.P. (2017). Pengaruh Persepsi Mahasiswa dalam Kesulitan Belajar Akuntansi terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 1 (1), 57-61.

Sari, S.P., Aryansayah, J.E., & Sari, K. (2020). Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Teori and Application, 9 (1), 17-22.

Wulandari, M. A., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran “Daring” Pada Guru Sekolah Dasar di Era Covid-19. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 164-168.

d. Dari Proceeding

Biduri, S. (2016). Pengaruh Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi Dengan Latar Belakan Sekolah Menengah Yang Berbeda Pada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo – Jawa Timur. Prosiding, Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis & Call for Paper yang diselenggarakan oleh FEB UMSIDA, tanggal 17 September 2016. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

e. Dari Internet

Syaharuddin, S. (2020). Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring. Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring. Diakses tanggal 22 Juni 2021 dari http://eprints.ulm.ac.id/9150/1/1.%20Pembelajaran%20Masa%20Pandemi-Dari%20Konvensional%20ke%20Daring.pdf.

Published
2021-08-24
How to Cite
Mulyati, B. (2021). ANALISIS BUTIR SOAL URAIAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI 1. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 178-186. https://doi.org/10.47080/progress.v4i2.1469

Most read articles by the same author(s)