ANALISIS FAKTOR YANG MENJADI KEPUTUSAN PEMBELIAN GAS LPG 3 KG (Studi Kasus pada Kp. Pasar Heubeul, Pandeglang)
Abstract
This research aims to analyze the factors that become the decision to buy LPG 3 kg, a case study in Kampung Pasar Heubeul community, Pandeglang. The data used is a questionnaire. The sample studied was 118 respondents. The number of variables studied was 27 variables. Data processed using factor analysis as many as 20 variables that meet the requirements for further analysis. Data obtained from respondents were processed using SPSS 20 for Windows.
The results showed that the results of the 20 variables analyzed, the factors that made the purchase decision of LPG 3 Kg consisted of 7 factors, namely Social Factor with eigen value 3,985, Distribution Factor with eigen value 2,307, Price Factor with eigen value 1,772, Product Factor with eigen value value 1,493, Factor 5 enters the product factor with an eigen value 1,282, Factor 6 enters the product factor with an eigen value of 1,176 and Factor 7 enters the distribution factor with an eigen value of 1,125.
References
Anwar hidayat (2017).” Penjelasan Teknik Purposive sampling” Tersedia: https://www.statistikian.com/2017/06/penjelasan-teknik-purposive-sampling.html (12 Februari 2020).
Azwar, Saifudin. (2003). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dimasapurnama (2016).” Pengertian Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan” Tersedia:http://dimasapurnama25.blogspot.com/2016/09/ekonomi.html(29 April 2020).
Eprints (2011).” Pengertian Pemasaran” Tersedia: http://eprints.polsri.ac.id/4183/3/BAB%20II.pdf(12 Februari 2020).
Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponorego.
Hamid, Abdul (2007) “ Pedoman Penulisan Skripsi”, FEIS, Jakarta.
Herdi Jayakusumah. (2010) “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian The Celup Sariwangi di Kota Bekasi” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Hestanto (2015). ” Konsep Marketing ” Tersedia: https://www.hestanto.web.id/konsep-marketing-menurut-beberapa-pakar/ (16 April 2020).
Hestanto (2015). ” Konsep Marketing ” Tersedia: https://www.hestanto.web.id/konsep-marketing-menurut-beberapa-pakar/ (16 April 2020).
Ilmu Mnajemen Pemasaran (2015). ” Faktor Keputusan Pembelian ” Tersedia: https://ilmumanajemenpemasaran.wordpress.com/2009/10/31/fktr-pngarh-kep-pmblian/ (16 April 2020).
Jonathan, Sarwono (2006). “ Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif” Graha Ilmu, Yogyakarta.
Karlina Shinta Dewi (2019,8 Mei) “ Gas Langka Harga Elipiji Tembus 30 Ribu” Tersedia: https://www.liputan6.com/news/read/3960690/gas-langka harga-elpiji-3-kg-tembus-rp-30-ribu-di-mamasa (11Februari 2020).
KitaPunya (2019) “ Tahap Pengambilan Keputusan Pembelian ” Tersedia: https://www.kitapunya.net/tahap-tahap-pengambilan-keputusan-pembelian-menurut-kotler/?amp (16 April 2020).
Kompas.com (2020) "Pemerintah Berwacana Gunakan Barcode agar Distribusi LPG 3 Kg Tepat Sasaran", Tersedia: https://money.kompas.com/read/2020/01/14/193600726/pemerintahberwacana-gunakan-barcode-agar-distribusi-lpg-3-kg-tepatsasaran (11Februari 2020).
Kotler, Keller (2012). “ Manajemen Pemasaran,”, Jakarta,Erlangga.
Kotler, Philip & Garry Armstrong. (2010). “Prinsip-Prinsip Pemasaran”, Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2014). “Principle of Marketing” . 14 Edition. England : Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga belas, Jilid 1, Erlangga, Jakarta
Mughnifar Ilham “ Pengertian Pemasaran Menurut Ahli” Tersedia: https://materibelajar.co.id/pengertian-pemasaran-menurut-para-ahli/ (16 April 2020).
Nur Adi Setiawan (2014). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepeda Motor Vixon” Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurjannah. (2010) “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Ponsel GSM Tipe QWERTY di Jakarta Selatan” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Nurmadina (2016), “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online Di Kota Makasar” Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.
Prahalad, dan Rarmetrwari (2009). “ Co Creation Competence Consumer”, Harvard Bussiness Review, USA.
Prasetijo, Ristiyanti dan Ihalauw john (2005) “Perilaku Konsumen”, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Redaksi Warta Ekonomi “ Subsidi Belum Di Cabut Harga Gas Sudah Naik” Tersedia: https://www.wartaekonomi.co.id/read267299/subsidi-belum-dicabut-kok-harga-gas-3-kg-sudah-naik (11 Februari 2020).
Retno Sri “ Analisis Faktor-faktor Yang Mendorong Keputusan Pembelian” Tersedia: file:///C:/Users/Asus/Downloads/19.04.1185_jurnal_eproc.pdf (16 April 2020).
Setyo puji. (2020, 9 Januari). Tabung Gas Bocor Satu Keluarga Tewas Terbakar Di Dalam Rumah. Kompas.com (Online). Tersedia: https://regional.kompas.com/read/2020/01/11/21100021/tabung-gabocor-satu-keluarga-tewas-terbakar-di-dalam-rumah?page=all. (11 Februari 2020).
Situs http://www.pertamina.com/
Sugiyono (2008). “ Metode Penelitian Bisnis”.Penerbit Alfabeta, Bandung.
Sugiyono (2010). “ Metode Penelitian Administratif”.Penerbit Alfabeta, Bandung.
Tjiptono, (2012). “ Keputusan Pembelian “ Tersedia : https://www.hestanto.web.id/keputusan-pembelian/ (11 Ferbruari 2020).
UinSuska.ac.id (2011).” Keputusan Pembelian” Tersedia: http://repository.uin-suska.ac.id/6210/3/BAB%20II.pdf (21 April 2020).
Universitas Ciputra (2015). ” Perilaku Konsumen ” Tersedia: http://ciputrauceo.net/blog/2015/6/11/perilaku-konsumen (16 April 2020).
Unpas.ac.id (2011).” Metode Penelitian ” Tersedia: http://repository.unpas.ac.id/32885/4/BAB%20III%20revisi.pdf (24 April 2020).
