PENGEMASAN PRODUK SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PEMASARAN INDUSTRI KERUPUK EMPING (KRUPING) Studi Observasi Kp. Cilowong Desa Gunungsari, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Serang-Banten

  • Mirza Abdi Khairusy Universitas Banten Jaya
Keywords: Pengemasan, Kerupuk Emping, Pemasaran, Desa Gunugsari, Pelatihan Kewirausahaan

Abstract

  • Industri Krupuk Emping Desa Gunung Sari, Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang memiliki peluang usaha yang dapat dikembangkan. Namun perlu dilakukan pendampingan dalam hal pengemasan produk agar dapat meningkatkan nilai ekonomisnya. Pendampingan yang dilakukan melalui pelatihan kewirausahaan pada produk khas Desa Gunung Sari, Kecamatan Gunung Sari ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat. Kegiatan produksi yang dilakukan masih tergolong sangat sederhana begitu juga dengan aspek pemasarannya. Produk dikemas dengan cara kuno yaitu hanya menggunakan kemasan plastik yang direkatkan dengan lilin dan ada beberapa yang belum menggunakan label. Melalui kegiatan pendampingan pengemasan ini, para produsen Krupuk emping dapat menuangkan kreatifitasnya melalui pemberian label pada masing-masing produk yang dapat menjadi ciri khas tersendiri. Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara berkesinambungan guna menghasilkan produk dengan kemasan yang optimal, selain itu dapat juga sebagai forum kelompok produsen krupuk emping dalam memasarkan produknya.

References

Alma, B. 2002. Manajemen Pemasaran dan pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta. Cakera, I. K. 2012. Bangun Wirausaha Idealnya Rp. 5 Miliar per Tiap Tahun,

Hasan, S. 2011. Jumlah Wirausaha Indonesia Masih rendah. Kompas.com, Minggu 27 Februari 2011.

Kotler, Philip dan Susanto. 2001. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 2. Jakarta:
Salemba Empat.
Materi Kewirausahaan Universitas Banten Jaya Dosen Pengampu Mata Kuliah..Pak Sukarta Atmaja.MM Sytem By Sikadu.www. unbaja.ac.id.

Poerwanto. 2006. New Business Administration. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Stanton, W. J. 2001. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Wijayanti, T. 2012. Marketing Plan! Perlukah?. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Jurnal Manajemen dan Bisnis Prodi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Banten Jaya
Published
2021-02-27
How to Cite
Khairusy, M. (2021). PENGEMASAN PRODUK SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PEMASARAN INDUSTRI KERUPUK EMPING (KRUPING) Studi Observasi Kp. Cilowong Desa Gunungsari, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Serang-Banten. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(01), 114-124. Retrieved from https://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/1209

Most read articles by the same author(s)