ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TURUNAN FUNGSI ALJABAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kesulitan mahasiswa Teknik Sipil dalam menyelesaikan masalah Turunan Fungsi Aljabar berdasarkan keterampilan matematika serta faktor-faktor penyebabnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang mendeskripsikan kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar. Sampel yang diambil mengunakann purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah 10 orang mahasiswa program studi Teknik Sipil Universitas Banten Jaya semester 1 Tahun Akademik 2018/2019 yang mengambil mata kuliah Matematika 1. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi untuk memenuhi keabsahan data, yaitu dengan membandingkan data hasil tes dengan hasil wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah jenis kesulitan dalam arithmatics skill sebesar 70, 58%, kesulitan dalam information skill sebesar 33,33%, dan kesulitan dalam number fact skill sebesar 8,33%. Faktor penyebab kesulitan dalam kemampuan-kemampuan tersebut, yaitu: 1) Kesulitan dalam arithmatics skill disebabkan karena mahasiswa tidak mampu menganalisis teknik penurunan fungsi aljabar yang tepat untuk suatu permasalahan dan kesalahan dalam penyelesaian prosedur penurunan, 2) kesulitan dalam number fact skill disebabkan karena tidak memahami operasi matematika dengan baik, dan 3) kesulitan dalam information skill disebabkan karena kesalahan membaca dan menginterpretasi soal.
References
Herholdt, Rolien & Sapire, Ingrid. 2014. An Error Analysis in the Early Grades Mathematics – A Learning Opportunity? South African Journal of Childhood Education – 4(1): 42 – 60. http://www.scielo.org.za/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S2223-76822014000100004 diakses pada tanggal 26 Februari 2019
Jain, Mayur. 201. Application of Mathematics in Civil Engineering. International Journal of Innovations in Engineering and Technology (IJIET), Volume 8 Issues 3June 2017, http://ijiet.com/wp-content/uploads/2017/06/11.pdf diakses pada tanggal 21 Februari 2019
Lestariningsih, Yunika., Darmawijoyo., dan Hartono, Yusuf. 2015. Pengembangan Lembar Aktivitas Mahasiswa Topik Turunan Berdasarkan Teori APOS. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun III, No.1. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/7231 diakses pada tanggal 20 Februari 2019
Machromah, Isnaeni U., Purnomo, Mega E.R., Febriyanti, K., Rahmawati, H.A.B. 2017. Arithmatics Skill: Kesulitan Utama Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Integral. Makalah yang dipresentasikan pada Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY tahun 2017. https://www.researchgate.net/publication/325531936_Arithmatics_Skill_Kesulitan_Utama_Mahasiswa_dalam_Menyelesaikan_Soal_Kalkulus_Integral diakses pada tanggal 18 Februari 2019
Salmina, M. 2017. Analisis Kekeliruan dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Numeracy Vol 4. No 2. Oktober 2017 http://numeracy.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/53 diakses pada tanggal 26 Februari 2019.
T. Tambychik, T. S. M. Meerah, and Z. Aziz. 2010. Mathematics Skills Difficulties: A Mixture of Intricacies, Procedia. Social and Behavioral Sciences 7(C), 2010, 171–180, https://ac.els-cdn.com/S187704281002029X/1-s2.0-S187704281002029X-main.pdf?_tid=048bb7cb-32de-485f-9f6c-0e55cb1aac95&acdnat=1551160610_cfdf9fb8b54e4e9a0fe4c6bed7dece76 diakses pada tanggal 21 Februari 2019
Wulandari, N.B. 2016. Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Penyelesaian Masalah Turunan. Skripsi UMS : Tidak Diterbitkan