ANALISIS MOTIF KONSUMEN DILIHAT DARI STATUS PERKAWINAN DI WILAYAH SERANG DAN PANDEGLANG

  • Anita Dyah Juniarti Universitas Banten Jaya
Keywords: motif konsumen, status perkawinan, konsumsi

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen di wilayah Serang dan Pandeglang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan motif konsumsi dari konsumen yang sudah menikah dan belum menikah. Ukuran sampel penelitian yang diambil adalah sebesar 140 orang yang terdiri dari 70 orang dari wilayah Serang dan              70 orang dari wilayah Pandeglang dengan menggunakan purposive sampling.  Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Deskriptif komparatif  dimana hasil perhitungan akan dijelaskan untuk kemudian dilakukan pengujian terhadap                       variabel-variabel yang ada dalam penelitian ini yang digunakan untuk membandingkan hasil penelitian di kedua wilayah. Alat bantu statistik yang digunakan adalah Statistical Program for Social Sciences (SPSS) versi 19. Analisis yang digunakan adalah Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motif konsumsi konsumen yang sudah menikah dan belum menikah              di wilayah Serang dan Pandeglang

References

Alma, Buchari. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta. Bandung
Dessler, Garry. 1993. Manajemen Personalia. Edisi ketiga. Erlangga. Jakarta
Engel, James F.,Roger D. Blackwell, dan Paul W. Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Binarupa Aksara. Jakarta
Ghozali, Imam. 2017. Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan IBM SOSS 24. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Hawkins et.al. 2007. Consumer Behavior, Building Marketing Strategy,10th Edition. The McGraw-Hill Companies, Inc. New York
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media. Jakarta
Sigit, Soehardi. 2002. Pemasaran Praktis, edisi ketiga. BPFE. Yogyakarta
Sopiah. 2008. Perilaku Organisasi. Andi Offset. Yogyakarta
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta. Bandung
Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu. Yogyakarta
Thoyib, Usman. 1998. Manajemen Perdagangan Eceran. Ekonisia UII. Yogyakarta
Wahyu MS dan Muhammad Masduki. 1987. Petunjuk Praktis Membuat Skripsi. Usaha Nasional. Surabaya
Published
2019-03-14
How to Cite
Juniarti, A. (2019). ANALISIS MOTIF KONSUMEN DILIHAT DARI STATUS PERKAWINAN DI WILAYAH SERANG DAN PANDEGLANG. Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 2(1), 9-16. https://doi.org/10.47080/intent.v2i1.503
Section
Articles