ANALISIS KINERJA PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE EXPLANARTORY DI PUSKESMAS BEKASI
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Analisis kinerja pegawai terhadap kepuasan pasien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Explonartory. Explonartory merupakan suatu penelitian yang digunakan untuk meneliti suatu kejadian yang telah terjadi beserta faktor-faktor penyebabnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memahami kinerja pegawai yang meliputi tiga varibel Kemampuan, disiplin, dan Empati Terhadap Kepuasan Pasien. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan uji reliabilitas dan uji validitas, analisis regresiĀ berganda, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Dengan menggunakan metode regresi linier berganda dapat disimpulkan bahwa variabel kemampuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi (P Value) sebesar 0,68<0,05. Disiplin berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi (P Value) sebesar 0,007>0,05. Sedangkan empati tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi (P Value) sebesar 0,04>0,05. Secara simultan bukti langsung, kehandalan, jaminan, daya tanggap dan empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan F hitung sebesar 23.697 dengan angka signifikansi (P Value) sebesar 0,000<0,05. Koefisien determinasi yang dihasilkan adalah sebesar 0.408 yang berarti 408 perubahan variabel kepuasan konsumen dijelaskan oleh perubahan variabel Kemampuan, displin dan empati secara bersama-sama, sedangkan sisanya sebesar 66% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
References
Deni M. 2018. Kedisiplinan dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Pelayanan Publik. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya; 16 (1).
Edmonds WA, Kennedy TD. 2017. An Applied Guide to Research Designs: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods Second Edition. California: SAGE Publications.
Handoko TH. 2012.Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Imperatori B. 2017. Engagement and Disengagement at Work: Drivers and Organizational Practices to Sustain Employee Passion and Performance. Milan: Springer.
Leavy P. 2017. Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-based, and Community-based Participatory Research Approaches. New York: The Guilford press.
Priyono, Marnis. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidorajo: Zifatama.
Sanah N. 2017. Pelaksanaan Fungsi Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. Ejournal Ilmu Pemerintahan; 5 (1)
Sari RNI, Hadijah HS. 2016. Peningkatan Kinerja Pegawai melalui Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran; 1 (1).
Surtiningsih, Parashakti RD. 2019. The Influences of Organizational Ultra and Work Discipline to the Employee Performance. Research on Humanities and Social Sciences; 9 (20). https://iiste.org/Journals/index.php/RHSS/article/download/50069/51716
Susilo H. 2012.Manajemen Kinerja dan Kompetensi: Konsep Dasar Manajemen Kinerja. Malang: Universitas Brawijaya.
Taufiqurokhman, Satispi E. 2018.Teori Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Tangerang Selatan: UMJ Press.
