PENGUKURAN KINERJA PT. KRAKATAU POSCO ENERGY DENGAN PENDEKATAN MALCOLM BALDRIGE CRITERIA FOR PERFORMANCE EXCELLENCE
Abstract
PT. Krakatau Posco Energy merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak sebagai penyedia energi listrik dan uap untuk beberapa perusahaan di wilayah Cilegon. Hampir seluruh alat penunjang kebutuhan manusia baik industri atau kehidupan sehari-hari menggunakan alat elektronik yang membutuhkan energi listrik sehingga semakin tinggi kebutuhan energi terhadap keberlangsungan kehidupan manusia, maka akan semakin tinggi pula permintaan pelanggan atau konsumen terhadap konsumsi energi yang dibutuhkan. Hal ini memicu bertambahnya perusahaan-perusahaan energi yang lain (kompetitor) sehingga perusahaan PT. Krakatau Posco Energy harus siap meningkatkan kualitasnya agar mampu berkembang, bertahan, dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan pelayanan terbaik. Oleh karena itu, diperlukan kajian untuk mengukur, menilai, serta mengevaluasi kinerja. PT. Krakatau Posco Energy perlu melakukan pengukuran kinerja untuk bahan pertimbangan mengenai apa yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar mencapai kinerja yang unggul. Selama ini, perusahaan hanya mengukur kinerjanya dari sisi keuangan dan produksi saja. Belum ada pengukuran secara menyeluruh. Untuk melakukan pengukuran kinerja secara menyeluruh menggunakan metode Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence. Berdasarkan dari penilaian kinerja menggunakan kriteria pendekatan Malcolm Baldrige, PT. Krakatau Posco Energy memperoleh skor total 554,69 poin dari nilai maksimal 1000 poin dengan predikat Good Performance.
References
Habibullah, B.H. (2013). Penilaian Kinerja Perusahaan dengan Kriteria Pendekatan Malcolm Baldrige. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.
Hertz, harry.S. (2007). Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence 2007. Indonesian Quality Award Foundation.
Heryenzus, S. (2018). Analisis Pendekatan Malcom Baldrige terhadap Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Kota Batam. Batam: Universitas Putera Batam, Hal 79 – 84.
Mulyadi. (2007). Balanced Scorecard Pengukuran Kinerja. Jakarta: Salemba Empat.