HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DAN PAPARAN INFORMASI DENGAN PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN GEMPA BUMI

  • Ahmad Roziqin Universitas Banten Jaya
  • Linardita Ferial Universitas Banten Jaya
  • Nia Kurniatillah universitas banten jaya
Keywords: Gempa bumi, Kesiapsiagaan, Paparan Informasi, Pengetahuan

Abstract

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki wilayah rentan terhadap bencana termasuk bencana gempa bumi dengan Risk Index sebesar 43,5 dari 100 yang memiliki risiko bencana alam tertinggi kedua dengan tingkat kegempaan yang tinggi di dunia. Anak-anak menjadi salah satu kelompok yang paling rentan menjadi korban dan menderita apabila terjadi bencana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara  pendidikan orang tua dan paparan informasi dengan pengetahuan siswa tentang kesiapsiagaan gempa bumi di SMP IT Podok Modern Terpadu Al Izzah Kab. Serang Banten Tahun 2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional, populasi penelitian adalah 114 siswa dengan total sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis dilakukan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 114 responden dengan tingkat pendidikan orang tua siswa 76,3% yang ternasuk jenjang pendidikan tinggi, sebanyak 57,9% tidak terpapar informasi tentang kesiapsiagaan bencana gempa bumi, pengetahuan siswa sebagian besar masih kurang sebanyak 56,1% dan siswa yang pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana gempa bumi dikategorikan baik sebanyak 43,9%. Sehingga tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi siswa (P value= 0,207) dan ada hubungan yang signifikan antara paparan informasi dengan pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi siswa (P value = 0,000). Diharapkan baik pendidik, peserta didik dan tenaga kependidikan berperan aktif dalam penyelenggaraan program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi menuju sekolah siaga bencana.

References

Ali, M., Asidah, E., & Husmiati, H. (2019). Peran Pemerintah Daerah Terhadap Penyelesaian Permasalahan Korban Bencana Gempa (Studi Di Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat). JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 7(2), 153. https://doi.org/10.31764/jiap.v7i2.1273

BNPB. (2024). Monev Satuan Pendidikan Aman Bencana. https://inarisk2.bnpb.go.id/spab/dashboard

Daud, R., Sari, S. A., Milfayetty, S., & Dirhamsyah, M. (2016). Penerapan Pelatihan Siaga Bencana Dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Komunitas Sma Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmu Kebencanaan (JIKA). https://jurnal.usk.ac.id/JIKA/article/view/2470

Fitri, A. (2021). Pandangan Orang Tua Terhadap Program Mitigasi Bencana Gempa Dan Tsunami Di Taman Kanak-Kanak Sekolahalam Minangkabau. http://repository.upi.edu/70155/

Institute for International Law of Peace and Armed Conflict (IFHV). (2023). World Risk Report 2023.

Khambali, K., Inten, D. N., Mulyani, D., Lichandra, F., & Tiwi, D. (2021). Peran Orang Tua terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini di Masa Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1881–1896. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1866

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (2019).

Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB. (2022). Gempabumi M 6,6 Banten Sebabkan 3.078 Rumah Rusak. https://www.bnpb.go.id/berita/-update-gempabumi-m-6-6-banten-sebabkan-3-078-rumah-rusak

Pusat Studi Gempa Nasional Indonesia. (2017). Peta sumber dan bahaya gempa Indonesia tahun 2017.

Safitri, D. N., Hidayat, N., & Lestari, T. puspita. (2022). Pengaruh Edukasi Tabletop Terhadap Pengetahuan Dan Kesiapsiagaan Siswa Sdn Pilang Pada Bencana Banjir Di Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro.

Setyaningrum, Y. I., & Sukma, G. I. (2020). Peningkatan Pengetahuan Siswa Sma/Smk Malang Melalui Pendidikan Bencana Gempa Bumi Dengan Metode Simulasi. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 68. https://doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2414

Simandalahi, T., Apriyeni, E., & Pardede, R. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 10(1), 107. https://doi.org/10.30633/jkms.v10i1.314

Sopaheluwakan, J., Hidayati, D., Permana, H., Pribadi, K., Ismail, F., Meyers, K., Titik, W., Del, H., Bustami, A., Fitranita, D., Ngadi, L. N., Kumoro, Y., Rafliana, I., Argo, T., & Kajian, T. (2006). Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami.

Published
2025-01-28
How to Cite
Roziqin, A., Ferial, L., & Kurniatillah, N. (2025). HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DAN PAPARAN INFORMASI DENGAN PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN GEMPA BUMI. JOURNAL OF BAJA HEALTH SCIENCE, 5(1), 52-63. https://doi.org/10.47080/joubahs.v5i1.3878

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2