Implementasi Manajemen Merek dan Kemasan pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Walantaka Kota Serang
Abstract
Rendahnya kesadaran pelaku usaha terkait dengan pentingnya merek dagang dan kemasan sehingga mempengaruhi pembelian konsumen berdasarkan hal tersebut tim pengabdian masyarakat tergerak melakukan pendampingan kepada pelaku usaha terkait dengan implementasi manajemen merek dan kemasan. Berdasarkan hasil pengabdian dihasilkan merek dagang Kerupuk Pedas ketilas dan AR Damai Kacang Saghrai dengan terbentuknya merek dangang dan kemasan yang layak pelaku usaha dapat meningkatkan daya saing, produk lebih diterima di masyarakat, dan citra merek terbangun. Dan yang terpenting dari hasil pengabdian ini adalah pengetahuan mitra terkait dengan manajemen merek dan kemasan mengalami perubahan yang lebih baik.
Katakuci: Merek dan Kemasan
References
A. Alkhoraif, H. Rashid, and P. McLaughlin, “Lean implementation in small and medium enterprises: Literature review,” Oper. Res. Perspect., vol. 6, p. 100089, 2019, doi: 10.1016/j.orp.2018.100089.
H. Wijaya and L. Nailufaroh, “Pengaruh Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan UMKM Kota Serang dengan Literasi Digital Sebagai Variabel Moderasi,” Fair Value J. Ilm. Akunt. Dan Keuang., vol. 5, no. 4, pp. 1941–1949, Nov. 2022, doi: 10.32670/fairvalue.v5i4.2580.
“167. datanesia white paper - Memetakan Peluang Ekonomi Wilayah Serang.pdf.”
G. Abdissa Shuremo, C. Bálint Illés, and A. Törőné Dunay, “The Effect of Entrepreneurial Marketing on the Performance of Small and Medium-sized Enterprises,” SHS Web Conf., vol. 90, p. 01018, 2021, doi: 10.1051/shsconf/20219001018.
M. Zainuddin and Sudarmiatin, “Marketing Performance of Small and Medium Enterprises: Literature Study Approach with Bibliometrics,” EKSYAR J. Ekon. Syariah Bisnis Islam E-J., vol. 10, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2023, doi: 10.54956/eksyar.v10i1.411.
H. Herawati and M. Muslikah, “PENGARUH PROMOSI DAN DESAIN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SARIAYU PUTIH LANGSAT,” Kinerja, vol. 2, no. 01, Art. no. 01, 2019, doi: 10.34005/kinerja.v2i02.794.
A. Partiwi and E. Arini, “PENGARUH KEMASAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN,” J. Manaj. MODAL INSANI DAN BISNIS JMMIB, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Jul. 2021.
G. Genoveva and N. N. Utami, “THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, HALAL LABEL, AND HALAL AWARENESS ON CUSTOMERS PURCHASING DECISION OF HALAL COSMETIC,” J. Muara Ilmu Ekon. Dan Bisnis, vol. 4, no. 2, p. 355, Aug. 2020, doi: 10.24912/jmieb.v4i2.8381.
M.-S. Taghavi and A. Seyedsalehi, “The effect of packaging and brand on children’s and parents’ purchasing decisions and the moderating role of pester power,” Br. Food J., vol. 117, no. 8, pp. 2017–2038, Aug. 2015, doi: 10.1108/BFJ-07-2014-0260.
J. Ahn, “Cognitive antecedents and affective consequences of customers’ self-concept in brand management: A conceptual model,” Int. J. Contemp. Hosp. Manag., vol. 31, no. 5, pp. 2114–2128, May 2019, doi: 10.1108/IJCHM-09-2018-0712.
K. Pyper, A. Marie Doherty, S. Gounaris, and A. Wilson, “A contingency-based approach to the nexus between international strategic brand management and export performance,” J. Bus. Res., vol. 148, pp. 472–488, Sep. 2022, doi: 10.1016/j.jbusres.2022.04.003.
P. D. Lencastre, J. C. Machado, and P. Costa, “The effect of brand names and logos’ figurativeness on memory: An experimental approach,” J. Bus. Res., vol. 164, p. 113944, Sep. 2023, doi: 10.1016/j.jbusres.2023.113944.
D. Panda, S. Masani, and T. Dasgupta, “Packaging-influenced-purchase decision segment the bottom of the pyramid consumer marketplace? Evidence from West Bengal, India,” Asia Pac. Manag. Rev., vol. 27, no. 2, pp. 145–153, Jun. 2022, doi: 10.1016/j.apmrv.2021.06.004.
M.-S. Taghavi and A. Seyedsalehi, “The effect of packaging and brand on children’s and parents’ purchasing decisions and the moderating role of pester power,” Br. Food J., vol. 117, no. 8, pp. 2017–2038, Jan. 2015, doi: 10.1108/BFJ-07-2014-0260.