ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DIGITALISASI METODE PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING LISTRIK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA LISTRIK PADA PT.PLN (PERSERO) UNIT INDUK WILAYAH SUMATERA UTARA

  • Muhammad Rafli Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Aisyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Pelayanan,Kinerja,kepuasan

Abstract

Dilakukannya penelitian ini ialah bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. PLN (PERSERO) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara untuk para pelanggan yang menggunakan listrik prabayar dan pascabayar. Kemudian mengidentifikasi faktor pendukung dan hambatan yang mungkin menjadi kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar PT. PLN (PERSERO) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara. Proses Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan mengumpulkan beberapa data berupa metode deskriptif, wawancara, observasi, dan riset lapangan. Hasil uji hipotesis bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara. Perusahaan diharapkan memberikan program pelatihan tambahan untuk dapat mewujudkan mutu layanan yang berkualitas, perlu meningkatkan layanan terutama mengenai masalah kecepatan penanganan keluhan konsumen.

 

 

References

ADDIN Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY Ilham, Muhammad, and Zarnelly, ‘Analisis Penerimaan Aplikasi Pln Mobile Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam)’, Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 7.1 (2021), 58–59

Moridu, Irwan, Fakultas Ekonomi, Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah, Luwuk Banggai, Luwuk Banggai, and others, ‘PENGARUH DIGITAL BANKING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN ( Studi Pada PT . Bank Negara Indonesia ( Persero ) Tbk )’, 3.2 (2020), 67–73

Nawawi, Hizbul Hadi, ‘Penggunaan E-Wallet Di Kalangan Mahasiswa’, Emik, 3.2 (2020), 189–205

Swasta, Basu, Pengantar Bisnis Modern (Yogyakarta: Liberty, 2017)

Tjiptono, Fandy, Manajemen Jasa (Yogyakarta: PT. Rineka Cipta., 2015)

Umar, Husein, Metode Penelitian (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2018)

Widjoyo, Ongko, ‘Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Layanan Drive Thru McDonald’s Basuki Rahmat Di Surabaya.’, Jurnal Manajemen Pemasaran: Universitas Kristen Petra, 2.1 (2013)

Yusuf, Maulana, and Meidian Kurniawan, ‘Pengaruh Sistem Pembayaran Listrik Online (Payment Point Online Bank) Terhadap Pengendalian Internal Kas Pada PT. PLN (Persero) DJBB’, Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 6.1 (2012), 51–63
Published
2023-04-16
How to Cite
Rafli, M., & Aisyah, S. (2023). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DIGITALISASI METODE PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING LISTRIK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA LISTRIK PADA PT.PLN (PERSERO) UNIT INDUK WILAYAH SUMATERA UTARA. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 1-5. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v5i1.2350