PENGENALAN APLIKASI MATEMATIKA DESMOS DI SMP PLUS ABU CHAMID

  • Huswatun Hasanah Universitas Banten Jaya
Keywords: Aplikasi Matematika, Desmos, SMP Plus Abu Chamid

Abstract

Keterampilan guru mendesain pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran peserta didiknya. Apalagi saat ini, perkembangan teknologi informasi sudah semakin mewarnai dunia pendidikan dan peserta didik butuh media pembelajaran yang berbasis teknologi agar tidak monoton saat belajar. Kegiatan pengenalan aplikasi matematika Desmos ini dilaksanakan bertujuan sebagai salah satu cara agar peserta didik mudah dalam menggambar sketsa grafik dari persamaan yang diberikan sekaligus menemukan koordinat titik potong dari beberapa grafik. Hasil dari kegiatan ini yaitu peserta didik mudah menggambar berbagai grafik berdasarkan persamaan matematika yang diinput ke dalam aplikasi tersebut. Selain itu, peserta didik juga dapat mencari koordinat titik potong dari beberapa grafik ketika menggunakan aplikasi tersebut.

References

Abdillah, Mahsup, Syaharuddin, & Pramita Dewi. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Matematika Berbasis Android sebagai Media Belajar Matematika Siswa SMA/SMK. JPMB ( Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter ), 4(1), 17–22. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb

Faradisa, M. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Poligon dan Sudut Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 166. https://doi.org/10.29300/equation.v1i2.2294

Hasanah, H. (2020). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI GEOGEBRA PADA PEMBELAJARAN MATERI LINGKARAN DI SMPN 10 KOTA SERANG. 2(2), 71–82.

Hidayati, & Sugeng. (2021). PENERAPAN TRANSFORMASI GEOMETRI PADA DESAIN BATIK LIA MAIDO MENGGUNAKAN DESMOS. 10, 99–106.

Kristanto, Y. D. (2021). Pelatihan Desain Aktivitas Pembelajaran Matematika Digital Dengan Menggunakan Desmos. JPKM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 192–199. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i3.23908

Octafiani, P., Tejawati, A., & Pohny, P. (2017). Aplikasi Pembelajaran Matematika Dengan Konsep Gamifikasi Berbasis Android. In Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) (Vol. 1, Issue 2, p. 90). https://doi.org/10.30872/jurti.v1i2.907

Sylviani, S., & Permana, F. C. (2019). Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Geogebra sebagai Alat Bantu Siswa dalam Memahami Materi Geometri. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/edsence.v1i1.17909

Published
2022-04-06
How to Cite
Hasanah, H. (2022). PENGENALAN APLIKASI MATEMATIKA DESMOS DI SMP PLUS ABU CHAMID. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 103 - 112. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i1.1865

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>