USULAN PERBAIKAN KINERJA PROSES PRODUKSI HOT METAL TREATMENT PLANT DENGAN MENGGUNAKAN METODE KESEIMBANGAN LINTASAN (LINE BALANCING) DI PT.KS CILEGON

  • Wawan Gunawan Universitas Banten Jaya
Keywords: Tata Letak Fasilitas, Line Balancing, Hot Metal Treatment Plant

Abstract

PT. KS merupakan produsen baja terbesar di indonesia memiliki beberapa fasilitas produksi baja dari hulu hingga hilir yang saling berkesinambungan. Untuk menunjang kelacaran produksi baja dari hulu hingga hilir, maka tata letak fasilitas harus diperhatikan agar terciptanya kegiatan produksi yang efektif dan efisien sehingga dapat bersaing dengan para kompetitor. Untuk menggapai harga produk yang murah dan berkualitas, maka pada suatu kegiatan produksi tidak dapat dipungkiri akan adanya kemunculan permasalahan (error) pada kegiatan produksi akibat kesalahan dalam perancangan tata letak fasilitas salah satu penyebab tingginya biaya operasional perusahaan. Penelitian ini difokuskan pada Hot Metal Treatment Plant yang memiliki 2 stasiun pengoperasian dan memiliki fungsi yang sama. penempatan tata letak fasilitas menggunakan konsep vertikal agar dapat memanfaatkan gaya grafitasi yg timbul. Dari lantai 7.5 hingga lantai 4 yang saling berkesinambungan namun terpisah antara stasiun1 dan stasiun 2. Untuk dapat mewujudkan terciptanya proses pekerjaan yang berkesinambungan, maka kedua stasiun harus memiliki ritme waktu kerja yang sama agar tidak terjadi delay produksi yang dapat memperhambat pada proses yang akan dilakukan selanjutnya sehingga dapat terwujudnya keseimbangan lintasan (Line Balancing) kerja pada semua lini produksi. Berdasarkan hasil analisa dan usulan perubahan standard operasional kerja maka di dapat nilai kesimbangan lintasan sebagai berikut; nilai balance delay terbaik sebesar turun menjadi 6,05% , Line Efisiensy naik menjadi  93,95%, Smootness Index turun enjadi  41,42 dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan berkurang menjadi 1 orang.

References

Anonim. 2013. Jurnal UNIKOM. UNIKOM. Diunduh tanggal 02 Januari 2018. Sumber : http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/582/jbptunikompp-gdl-fhernandes-29093-9-unikom_f-2.pdf

Chandra, Agung. 2014. Estimasi Jarak Tempuh Order Picking Manual dengan Metode Analitik di PT GSM. Jurnal Fakultas Teknik Jurusan Teknik Industri Universitas Mercubuana. Jakarta.


Jaggi, Anil. Application of Line-balancing to Minimize the Idle Time of Workstations in the Production Line with Special Reference to Automobile Industry. Sainath Unniversity, India.

Pratiwi, Indah., Muslimah, E., dan Wahab, Abdul. Perancangan Tata Letak Fasilitas di Industri Tahu menggunakan Blocplan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Sukoharjo.

Pratomo, Harry Wahyu., Azwir, Hery Hamdi. 2017. Implementasi Line Balancing untuk Peningkatan Efisiensi di Line Welding (Studi Kasus PT X). Universitas President. Bekasi.

Saiful., Mulyadi., Rahman, Tri Muhadi. 2014. Penyeimbangan Lintasan Produksi dengan Metode Heuristik (Studi Kasus PT XYZ Makassar). Universitas Hasanuddin. Makassar.

Setyawan, David., Stefanus., Soegiharto., Agus, Jerry. 2012. Perbaikan Sistem Produksi dengan Metode Line Balancing pada Perusahaan Pembuat Mesin Pertanian PT. Agrindo di Gresik. Universitas Surabaya. Surabaya.

Rifka, K.D., Choiri, M. dan Eurike, Agustina. 2014. Perancangan Tata Letak Fasilitas menggunakan Blocplan dan Analytic Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus : Koperasi Unit Desa Batu). Unversitas Brawijaya Press. Malang.

Vislavath, Srinu Vislavath., Srivastava, Priyank., Aziz, Mohammad Aziz. 2016. Line Balancing Heuristics for Productivity Enhancement in Beverage Factory. Amity University. India.

Wahab, Abdul Aqil. 2010. Perancangan Tata Letak Fasilitas menggunakan Blocplan (Studi Kasus : Industri Kecil Tahu “SUMBER REJEKI” Sukoharjo. Universitas Muhammadiah Surakarta Press. Surakarta.

Wignjosoebroto, Sritomo. 1996. Tata Letak dan Perpidahan Bahan, Edisi Ketiga. Guna Widya. Jakarta.
Published
2019-11-21
How to Cite
Gunawan, W. (2019). USULAN PERBAIKAN KINERJA PROSES PRODUKSI HOT METAL TREATMENT PLANT DENGAN MENGGUNAKAN METODE KESEIMBANGAN LINTASAN (LINE BALANCING) DI PT.KS CILEGON. Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 2(2), 141-154. https://doi.org/10.47080/intent.v2i2.744
Section
Articles