ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL KARYAWAN DIVISI SUPPLY CHAIN AND IMPROVEMENT DENGAN METODE MODIFIED COOPER HARPER

  • Firdanis Setyaning Handika Universitas Serang Raya
  • Aulia Kusumawati Universitas Serang Raya
  • Rina Oktavia Universitas Serang Raya
Keywords: Beban Kerja Mental, Ergonomi, Modified Cooper Harper

Abstract

PT. X merupakan salah satu perusahaan baja yang berlokasi di Cilegon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori beban kerja mental dari karyawan di divisi Supply Chain dan Improvement. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Modified Cooper Harper. Metode Modified Cooper Harper merupakan metode yang sangat mudah, efisien, dan cocok digunakan pada berbagai variasi bidang pekerjaan, terutama pada sistem manusia-mesin yang membutuhkan persepsi, pengawasan, evaluasi, komunikasi, dan pengambilan keputusan dari manusia. Skala Modified Cooper Harper berbentuk pohon keputusan dengan skala penilaian 10 poin yang berkisar antara sangat mudah hingga sangat berat. Berdasarkan penelitian ini terdapat 2 aktivitas yang termasuk ke dalam kategori pekerjaan berat yaitu aktivitas melakukan riset untuk peningkatan produksi, memiliki skala penilaian 8 dengan pembobotan beban kerja sebesar 70 %, dan aktivitas melakukan analisis terhadap kebijakan yang akan dibuat, memiliki skala penilaian 8 dengan pembobotan beban kerja sebesar 72 %. Oleh karena itu, kedua aktivitas tersebut perlu melakukan tindakan perbaikan. Usulan perbaikan pada penelitian ini yaitu membuat sistem informasi yang terintegrasi untuk memudahkan karyawan dan memberikan pelatihan.

References

Hernanto, A., Achieraeniwati, E., dan Rejeki, Y.S. 2018. Pengukuran Beban Kerja Menggunakan Metode Modified Cooper Harper. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/viewFile/12848/pdf diakses pada tanggal 20 Oktober 2019.

Iridiastadi dan Yassierli. 2014. Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung : Rosda.

Menpan. 1997. Definisi Beban Kerja. http//www.bkn.go.id diakses pada tanggal 23 September 2019.

Simanjuntak, R.A. 2010. Analisis Beban Kerja Mental dengan Metoda Nasa Task Load Index. https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/technoscientia/article/view/447/329 diakses pada tanggal 23 September 2019.

Sasongko, W.A. 2018. Analisis Pengukuran Beban Kerja Mental Menggunakan Metode Modified Cooper Harper (MCH). http://eprints.ums.ac.id/70972/15/Naskah%20Publikasi%20Ilmiah.pdf diakses pada tanggal 22 Oktober 2019.

Tarwaka. 2010. Ergonomi Industri. Surakarta : UNIBA Press.

Tarwaka. 2004. Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Surakarta : UNIBA Press.
Published
2021-06-30
How to Cite
Handika, F., Kusumawati, A., & Oktavia, R. (2021). ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL KARYAWAN DIVISI SUPPLY CHAIN AND IMPROVEMENT DENGAN METODE MODIFIED COOPER HARPER. Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 4(1), 55-63. Retrieved from http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/intent/article/view/1402
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)