Perancangan Prototyping Aplikasi Tambal Ban Online (NAMBAL) Berbasis Mobile
Abstract
Diawal pembuatan sistem atau aplikasi selalu dilakukanya perancangan sistem tahap awal ialah dengan membuat prototype. Prototipe merupakan suatu metode pengembangan perangkat lunak atau perangkat lunak yang melakukan proses pembuatan rancangan secara bertahap, memungkinkan calon pengguna untuk mengevaluasinya dengan cepat. Selama proses pembuatan sistem prototipe, interaksi langsung antara pengembang dan klien dapat terjadi melalui pendekatan prototyping. Untuk memahami kebutuhan klien, penting bagi pengembang untuk menjalin kerjasama yang efektif dan berkomunikasi dengan baik guna mengatasi potensi ketidakselarasan. Oleh karena itu, pada akhirnya, prototipe akan menghasilkan rancangan sistem interaktif yang memenuhi persyaratan.. Hasil dari perancangan sistem yang telah dirancang oleh peneliti akan dikembangkan kedepannya menggunakan bahasa pemprograman berbasis mobile
References
E. Rosi Subhiyakto and D. Wahyu Utomo, “ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI PEMODELAN KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING.”
J. Homepage and E. Hidayat, “MALCOM: Indonesian Journal of Machine and Prototyping Method Based of Public Service Mall XYZ Analisa dan Perancangan Aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat Menggunakan Metode Prototyping pada Mal Pelayanan Publik XYZ,” vol. 2, pp. 78–85, 2022.
A. P. Zanofa, R. Arrahman, M. Bakri, and A. Budiman, “PINTU GERBANG OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO R3,” 2020.
P. Dokumen, K. Kecamatan, and L. Kurniati, “Penerapan Metode Prototype Pada PerancanganSistem,” 2021. [Online]. Available: https://journal- computing.org/index.php/journal-sea/index
R. Muzawi, S. Imardi, Y. Efendi Jurusan Teknologi Informasi, and S. Amik Riau, “SATIN-Sains dan Teknologi Informasi Prototype Kacamata Pemandu bagi Tunanetra dengan Keterbatasan Penglihatan,” vol. 6, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.sar.ac.id/index.php/satin
A. Fatoni and D. B. Rendra, “PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM LAMPU MENGGUNAKAN HANDPHONE ANDROID BERBASIS ARDUINO,” Jurnal PROSISKO, vol. 1, 2014, [Online]. Available: http://firdausalibaban.files.wordpress.com
R. N. Fadilah and D. Sweetania, “PERANCANGAN DESIGN PROTOTYPE UI/UXAPLIKASI RESERVASI RESTORAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” JUIT, vol. 2, no. 2.
Frederica Rosabel Ramli, Fikri Hakim, and Ria Anggelina Hutabarat, “Perancangan Web Design Aplikasi E-Learning dengan Metode Prototype pada Tingkat SMA,” Majalah Ilmiah UPI YPTK, pp. 13–18, Jun. 2021, doi: 10.35134/jmi.v28i1.62.
Y. Rahmanto and S. Hotijah, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KEBUDAYAAN LAMPUNG BERBASIS MOBILE,” 2020.
İ. Göksu and B. Atici, “Need for Mobile Learning: Technologies and Opportunities,” Procedia Soc Behav Sci, vol. 103, pp. 685–694, Nov. 2013, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.10.388.
E. Susilo, F. Danang Wijaya, and R. Hartanto, “Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application,” 2018.
N. Kadek et al., “RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE SISKA BERBASIS ANDROID,” Online, 2018. [Online]. Available: http://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/sintechjournal
C. A. Febrina, F. Ariany, and D. A. Megawaty, “APLIKASI E-MARKETPLACE BAGI PENGUSAHA STAINLESS BERBASIS MOBILE DI WILAYAH BANDAR LAMPUNG,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 1, pp. 15–22, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
F. Ilhami and P. Sokibi, “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROTOTYPE KONTROL PERALATAN ELEKTRONIK BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN NODEMCU,” 2019.
J. Kuswanto and F. Radiansah, “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI,” 2018.
H. Maulana, K. Kasmawi, and D. Enda, “Buku Penghubung Berbasis Android Menggunakan Metode Prototyping,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 6, no. 3, Dec. 2020, doi: 10.28932/jutisi.v6i3.2993.
D. Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi,” JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, 2017.
S. Hutabarat, E. Rajagukguk, I. K. Jaya, D. Hasibuan, M. Sinambela, and F. I. Komputer, “Aplikasi Pembelajaran Flora dan Fauna Pada Anak Usia Dini TK.Karya Maju Dengan Metode Prototyping Berbasis Android,” Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 28–34, 2021, doi: 10.46880/methotika.v1i1.5.
D. Eka Herlyviana, D. Januarita, and A. Priyanto, “Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia,” UNIVERSITAS AMIKOM Yogyakarta, 2018
In order to be accepted and published by Journal Agribest, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
- The copyright of received articles shall be assigned to Journal Agribest as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Journal Agribest maintain the publishing rights to the published articles.
- Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Journal Agribest. authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Journal Agribest with an acknowledgement of initial publication to this journal.
- Users/public use of this website will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.