Implementasi Sistem Manajemen Pengetahuan Di Universitas Satya Negara Indonesia

  • Nurul Chafid Universitas Satya Negara Indonesia
  • Teguh Budi Santoso Universitas Satya Negara Indonesia
Keywords: Knowledge, Management, Knowledge Management System

Abstract

Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di wilayah Jakarta Selatan tepatnya di Ibu Kota Jakarta. Perguruan tinggi ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat terlihat dari penerimaan mahasiswa baru jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya walaupun hanya beberapa kali mengalami penurunan. Saat ini Universitas Satya Negara Indonesia memiliki citra yang bagus di masyarakat dibanding dengan kampus-kampus lain yang ada di Wilayah Jakarta Selatan dan untuk mempertahankan image  yang bagus ini Universitas Satya Negara Indonesia harus senantiasa meningkatkan pelayanannya. Di era globalisasi ini persaingan tidak hanya berlaku di dunia bisnis tetapi juga di dunia akademisi. Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan modal yang sangat penting bagi sebuah organisasi untuk meningkatkan kemampuan daya saingnya.  Dewasa ini telah terjadi pergeseran paradigma mengenai sumber daya yang mampu mengantar organisasi menjadi unggul. Kriteria organisasi unggul tidak hanya diukur dari sumber daya  financial, bangunan, tanah, teknologi, posisi pasar dan aset-aset yang bersifat tangible lainnya. Tetapi justru harus lebih bertumpu pada aset pengetahuan / knowledge (intagible). Karena hanya pengetahuan / knowledge yang memiliki kriteria non-rivalrous, increasing return, dan not additive, yang merupakan karakteristik sumber daya yang memiliki keunggulan stratejik (Sangkala, 2007: p7). Sehubungan dengan hal tersebut, Universitas Satya Negara Indonesia berupaya terus meningkatkan kinerja organisasi dengan mengelola pengetahuan sebagai intangible asset. Dengan pengelolaan pengetahuan ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa, dosen dan pegawai untuk senantiasa saling berbagi pengetahuan sehingga memperbanyak jumlah knowledge yang terhimpun. Perkembangan teknologi internet saat ini sangat menunjang untuk pembangunan Knowledge Management. Pengelolaan pengetahuan (Knowledge Management) segala bidang dengan memanfaatkan teknologi informasi diharapkan dapat mempercepat pendokumentasian pengetahuan praktis dan akademis sehingga dapat segera dieksplorasi dan dikembangkan. Dari luaran yang dapat diterapkan dalam penelitian tersebut adalah bentuk aplikasi yang mampu membantu jalannya sebuah manajemen yang dapat mendukung untuk mengukur kualitas manajemen yang smart sehingga dari apa yang diharapkan tercapai dengan baik, setelah itu hasil dari Knowledge Management System dapat dijurnalkan dalam sebuah prociding atau jurnal yang lainnya.

References

Akhmad Hidayatno dan Martina Navratilova; “Design Of Knowledge Management System To Support Of DKI Jakarta Regional Planning Board”, JURNAL TEKNOLOGI, Edisi Khusus No. 1, Teknik Industry, Tahun XIX, Juni 2005, 1-8 ISSN 0215-1685
Bambang Sutiarso, Artikel Ilmu Komputer.com “Penerapan Knowledge Management Pada Organisasi Studi Kasus di Salah Satu Unit LIPI”Komputer.com 2003-2006
Buku Pedoman Akademik (2013),Universitas Satya Negara Indonesia.
Carl Davidson and Philip Voss (2003). Knowledge Management: An Introduction to creating  competitive advantage from intellectual capital. New Delhi: Vision Books.
Davenport, Thomas H & Prusak, L (1998). Working Knowledge : How Organizations Manage What They Know. Boston: Harvard Business School Press.
Fourie, L. C (2004). Computer-based concept mapping tools in business. University of Stellenbosch, 2-4.
Hendrik (2003). Sekilas Tentang Knowledge Management, Ilmukomputer.com.
Heri Purwanto (2010). Pengembangan Knowledge Management Pada Organisasi Perguruan Tinggi. Bandung: STT-Inten.
Nonaka, Ikujiro and Takeuchi, Hirotaka (1995). The Knowledge- Creating Company: How Japanese Companies Create the Dynamics of Innovation. Oxford: Oxford University Press.
Probst, Gilbert., Raub, Steffen, & Romhardt, Kai (2001). Managing Knowledge Building Blocks for Success. New York : John Wiley & Sons.
Sangkala (2007). Knowledge Management. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setiawan, Wawan. dan Munir (2006). Pengantar Teknologi Informasi: Sistem Informasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Suhitarini Soemarto Putri, Togar Harapan Pangaribuan, “Knowledge Management System: Knowledge Sharing Culture di Dinas Sosial Provindi Jakarta: Jurnal SNATI 2009; Jogjakarta, 20 Juni 2009.
Vercellis, Carlo (2009). Business intelligence : data mining and optimization for decision making. Chichester: John Wiley & Sons.
Yuliazmi (2005). Penerapan Knowledge Management pada Perusahaan Reasuransi : Studi Kasus PT. Reasuransi Nasional Indonesia. Jakarta: Universitas Budi Luhur.
Yuyun Estriyanto dan Taufiq Lilo Adi Sucipto (2008). Implementasi Knowledge Management pada APTEKINDO, Pembentukan Sharing Culture antar Pendidikan Teknologi dan Kejuruan di Indonesia.
Published
2023-06-26
How to Cite
Chafid, N., & Santoso, T. (2023). Implementasi Sistem Manajemen Pengetahuan Di Universitas Satya Negara Indonesia. Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 7(1), 75-87. https://doi.org/10.47080/saintek.v7i1.2661