RANCANG BANGUN SISTEM PELAYANAN PAJAK BAGI KLIEN BERBASIS WEB PADA CV BINA SOLUSI CONSULTING

Authors

  • Dedi Sutrisno Universitas Bung Karno
  • Bernadus Gunawan Sudarsono Universitas Bung Karno
  • Sri Poedji Lestari Universitas Bung Karno

DOI:

https://doi.org/10.47080/saintek.v7i1.2449

Keywords:

Pelayanan Pajak, Klien, Web, System Development Life Cycle, Black Box Testing

Abstract

Abstract

 Cv. Bina Solusi Consulting is a tax consulting service company. Tax services for clients are still carried out directly and their activities in storing documents are still recorded manually so that the volume of archives increases while the storage space does not increase, and results in storage being not accommodated, therefore we need a tax service support system for web-based clients at Cv Bina Solusi Consulting. From the description of the problems that occur, a tax service information system for web-based clients is designed and built which is expected to solve existing problems. The method of analysis and design is used Unfield Modelling Language (UML). Tax Service Information System for clients using the programming language PHP and MySQL as database. The method used in designing this information system is the method System Development Life Cycle (DDLC). This system has been tested with Technique Black Box Testing, in this system there are four actors and five processes. The four actors include Director, Finance, Staff and Clients. in the five processes including Tax Service Information, Tax Service Registration, Tax Service Payments, Tax Services and Monthly Tax Reports. With this information system can help companies in the process of tax services.

Abstrak

Cv. Bina Solusi Consulting merupakan perusahaan jasa konsultan pajak. pelayanan pajak bagi klien masih dilakukan secara langsung dan pada aktivitasnya dalam menyimpan dokumen masih dilakukan pencatatan secara manual sehingga bertambahnya volume arsip sementara ruang tempat penyimpanan yang tidak bertambah, dan mengakibatkan tidak tertampungnya penyimpanan tersebut, oleh karena itu dibutuhkannya sebuah sistem pendukung pelayanan pajak bagi klien berbasis web pada Cv Bina Solusi Consulting. Dari uraian permasalahan yang terjadi, maka dirancang dan dibangun sebuah Sistem Informasi Pelayanan pajak bagi klien berbasis web yang diharapan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Untuk metode analisa dan perancangannya digunakan Unfield Modelling Language (UML). Sistem Informasi Pelayanan pajak bagi klien menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Metode yang dijalankan dalam merancang sistem informasi ini adalah metode System Development Life Cycle (DDLC). Sistem ini telah diuji dengan Teknik Black Box Testing, Pada sistem ini terdapat empat aktor dan lima proses. Empat aktor tersebut diantaranya Direktur, Finance, Staff dan Klien. pada lima proses tersebut diantaranya Informasi Pelayanan Pajak, Pendaftaran Layanan Pajak, Pembayaran Layanan Pajak, Pelayanan Pajak dan Laporan Bulanan Pajak. Dengan adanya sistem informasi ini dapat membantu perusahaan dalam proses pelayanan pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N. (2021). Perancangan Sistem Monitoring Jaringan Internet Pada Squid Proxy Server Menggunakan Aplikasi Cacti.
Andry, J. F. (2015). PENGEMBANGAN APLIKASI BACKUP DAN RESTORE SECARA. 29–38.
Aprianti, W., & Maliha, U. (2016). SISTEM INFORMASI KEPADATAN PENDUDUK KELURAHAN ATAU DESA STUDI KASUS PADA KECAMATAN BATI-BATI. 2(2013), 21–28.
Aswir, & Misbah, H. (2018). PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE/USER EXPERIENCE LAYANAN INFORMASI KAMPUS (LIK) DENGAN METODE LEAN USER EXPERIENCE (LEAN UX) PADA UNIVERSITAS DR. SOETOMO. Photosynthetica, 2(1), 1–13.
Cholifah, W. N., Yulianingsih, Y., & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(2), 206. https://doi.org/10.30998/string.v3i2.3048
Dewi, L. P., Indahyanti, U., Informatika, J. T., Industri, F. T., & Petra, U. K. (n.d.). PEMODELAN PROSES BISNIS MENGGUNAKAN ACTIVITY DIAGRAM UML DAN BPMN ( STUDI KASUS FRS ONLINE ).
Hendini, A. (2016). PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS: DISTRO ZHEZHA PONTIANAK). IV(2), 107–116.
Nugraheni, A. P., & Sunaningsih, S. N. (2020). Peran Konsultan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. 4(1), 49–58.
Nugroho, F. E. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 717. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.786
Pontoh, F. I., Elim, I., & Budiarso, N. S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Menggunakan Jasa Konsultan Pajak. Jurnal EMBA, 5(2), 1226–1237.
Robinson, J. J. (1982). DIAGRAM: A Grammar for Dialogues. Communications of the ACM, 25(1), 27–47. https://doi.org/10.1145/358315.358387
Yulia, Y., Liliana, L., & Freddy, T. (2010). Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Penggajian Dan Laporan Spt Tahunan Untuk Karyawan Di Perusahaan Konveksi Cv. X. Jurnal Informatika, 10(1). https://doi.org/10.9744/informatika.10.1.38-43

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

RANCANG BANGUN SISTEM PELAYANAN PAJAK BAGI KLIEN BERBASIS WEB PADA CV BINA SOLUSI CONSULTING. (2023). Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 7(1), 8-17. https://doi.org/10.47080/saintek.v7i1.2449