PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRI DI KOTA CILEGON PROVINSI BANTEN.

  • Rohaelis 0 Nuraisiah Universitas Banten Jaya
Keywords: Strategi,Pemasaran,Pengembangan

Abstract

Persaingan global, menuntut daerah untuk mampu menghasilkan output secara efisien, agar tetap dapat bertahan. Efisiensi memicu timbulnya pemikiran kreatif, yang pada akhirnya dapat memunculkan ide kreatif. Ekonomik reatif yang identik dengan industri kreatif, pada saat ini dianggap dapat memberikan kontribusi yang sangat signifikan, bagi perekonomian daerah. Dan keberadaannya merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan.

Dari analisis data bahwa penerapan strategi pemasaran yang merupakan variabel bebas yang terdiri dari variabel X1,X2,X3,X4 secara bersama-sama berpengaruh positif secara signifikan terhadap perkembangan usaha industri kerajinan bata merah di kecamatan cibeber Kota Cilegon. Hal ini terbukti dalam uji F besarnya> pada taraf signifikan 0.05 (α),d i mana  sebesar 47.446 >  (4,25:0,05) sebesar 2,76. Dari hasil analisis regresi juga terbukti bahwa R square diperoleh sebesar 0.884, hal ini menunjukkan besar pengaruh variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat adalah 88,4% sedangkan 11,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pemasaran dengan perkembangan usaha industri kerajinanbata merah di kecamatan cibeber kota cilegon.

Author Biography

Rohaelis 0 Nuraisiah, Universitas Banten Jaya

JUMANIS –BAJA (Jurnal Manajemen dan Bisnis) UNBAJA Prodi Kewirausahaan merupakan publikasi ilmiah yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, pengembangan, kajian, dan pemikiran di bidang Ekonomi, Manajemen Bisnis Kreatif dan Kewirausahaan. Terbit pertama kali tahun 2019 yakni :  Volume 1 NO 1 Agustus 2019 dengan masa terbit  dua kali setahun Pada Pebruari dan Agustus.

Artikel yang diterbitkan dalam Jurnal BPPK telah melalui proses evaluasi dan penyuntingan oleh Dewan Redaksi, Mitra Bestari

dan Anggota Staf Editorial. Jurnal ini terbuka untuk umum, praktisi, peneliti, dan pemerhati masalah ekonomi dan Bisnis

References

Assauri, S. 2007. Manajemen Pemasaran . Jakarta: PT RajaGrafmdo Persada.

Cravens, D.W. 1996. Pemasaran Strategi. Edisi Iceempat. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Gito, S.H. 2001. ManajemenStrtaegi .Yogyakarta: BPFE.

Irawan, dkk. 2001. Pemasaran Prinsip dun Kasus. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, P., dan Gary,A. 1997. Dasar-dasar Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia Jilid I
Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, lmplementasi dun Kontrol. Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo.

Tjiptono, F, 2000. StrategiPemasaran . Yogyakarta: Andi.

Sri, W., dan Agustinus. 1996. Buku Edisi 4. Manajemen Strategi Pengantar Proses Berpikir Strategis. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Swastha, B., dan Irawan. 1983. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Jurnal Manajemen dan Bisnis Prodi KewirausahaanFakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Banten Jaya
Published
2021-02-27
How to Cite
Nuraisiah, R. (2021). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRI DI KOTA CILEGON PROVINSI BANTEN. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(01), 65-81. Retrieved from https://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/1206