PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRI DI KOTA CILEGON PROVINSI BANTEN.
Abstract
Persaingan global, menuntut daerah untuk mampu menghasilkan output secara efisien, agar tetap dapat bertahan. Efisiensi memicu timbulnya pemikiran kreatif, yang pada akhirnya dapat memunculkan ide kreatif. Ekonomik reatif yang identik dengan industri kreatif, pada saat ini dianggap dapat memberikan kontribusi yang sangat signifikan, bagi perekonomian daerah. Dan keberadaannya merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan.
Dari analisis data bahwa penerapan strategi pemasaran yang merupakan variabel bebas yang terdiri dari variabel X1,X2,X3,X4 secara bersama-sama berpengaruh positif secara signifikan terhadap perkembangan usaha industri kerajinan bata merah di kecamatan cibeber Kota Cilegon. Hal ini terbukti dalam uji F besarnya> pada taraf signifikan 0.05 (α),d i mana sebesar 47.446 > (4,25:0,05) sebesar 2,76. Dari hasil analisis regresi juga terbukti bahwa R square diperoleh sebesar 0.884, hal ini menunjukkan besar pengaruh variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat adalah 88,4% sedangkan 11,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pemasaran dengan perkembangan usaha industri kerajinanbata merah di kecamatan cibeber kota cilegon.
References
Cravens, D.W. 1996. Pemasaran Strategi. Edisi Iceempat. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Gito, S.H. 2001. ManajemenStrtaegi .Yogyakarta: BPFE.
Irawan, dkk. 2001. Pemasaran Prinsip dun Kasus. Yogyakarta: BPFE.
Kotler, P., dan Gary,A. 1997. Dasar-dasar Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia Jilid I
Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, lmplementasi dun Kontrol. Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo.
Tjiptono, F, 2000. StrategiPemasaran . Yogyakarta: Andi.
Sri, W., dan Agustinus. 1996. Buku Edisi 4. Manajemen Strategi Pengantar Proses Berpikir Strategis. Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Swastha, B., dan Irawan. 1983. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
