ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR LINIER PADA MATERI MATRIKS
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian adalah untuk untuk menyajikan gambaran secara lengkap mengenai kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal matriks. Penelitian ini sendiri dilakukan pada kelas malam prodi teknik industri Universitas Banten Jaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah melalui observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal matriks adalah jenis kesalahan konsep dan operasi yaitu untuk soal nomor 1 kurang paham dalam menentukan determinan apakah menggunakan cara ekpansi kofaktor atau harus juga menggunakan metode sarrus. Kemudian untuk soal nomor 2 kurang paham dalam menentukan rumus baris ditambah dengan soal yang dianggap paling sulit.
References
Amir, Mohammad Faizal. 2015. Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoharjo dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksaan Linier. http://jurnal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/je/article/view/20/22 diakses pada tanggal 1 Maret 2019
Ardiawan, Yadi. 2015. Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika di IKIP PGRI Pontianak. http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/13 diakses pada tanggal 1 Maret 2019
Cahyani, Dwi, Ismail, Yamin, & Yahya, Lailany. 2015. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Program Linear Siswa Kelas XII Madrasah Aliah Negeri Batuda. http://eprints.ung.ac.id/10204/ diakses pada tanggal 1 Maret 2019
Hasan, Buaddin. 2015. Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dan Upaya Mengatasinya Menggunakan Scaffolding. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/37914 diakses pada tanggal 1 Maret 2019
Kamus besar Bahasa Indonesia. 2008. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Kingsdorf, Sherly & Krawec, Jennifer. 2014. Error Analysis of Mathematical Word Problem Solving Across Students with and without Learning Disabilities. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/ldrp.12029 diakses pada tanggal 1 Maret 2019
Nursuprianah, Indah & Sholikhah, Marathi. 2009. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Mata Kuliah Aljabar Matriks (Studi Kasus pada Semester IV Tadris Matematika Tahun Akademik 2008/2009 di STAIN Cirebon). http://www.academia.edu/download/49416048/15-analisis-kesulitan-mahasiswa-dalam-memahami-by-indah-nursuprianah.pdf diakses pada tanggal 1 Maret 2019
Sariningsih, Ratna & Purwasih, Ratni. 2017. Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/275 diakses pada tanggal 1 Maret 2019
Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika. Yogyakarta
Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara. Jakarta
Wijaya, Aris Arya & Masriyah. 2013. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1453 diakses pada tanggal 1 Maret 2019