ASPEK TANGIBLE, INTANGIBLE PIMPINAN DAN DIMENSI LINGKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN

  • Achmad Syarifudin Bisri Universitas Banten Jaya
Keywords: Aspek pemimpin, Dimensi lingkungan kerja, kinerja pekerja

Abstract

Aspek yang berwujud dan tidak berwujud dari seorang pemimpin didefinisikan sebagai bagaimana seorang pemimpin dalam perusahaan atau organisasi dapat memainkan perannya sebagai penentu utama untuk mengatur, mempertahankan hubungan profesional dengan      sub-ordinat, karena ia harus mengatur semua di bawah tugas hukumnya (kekuatan posisi) sebagai seorang pemimpin. Ia dituntut menjadi kompeten untuk mengaktualisasikan karakteristik pribadinya yang luar biasa (kekuatan pribadi) dalam menjalankan perusahaan. Dimensi dalam lingkungan organisasi adalah ukuran yang sangat terkait dengan lebarnya, ruang, keterlibatan, dan formalitas struktur dan aktivitas organisasi. Kedua aspek ini, pemimpin dan dimensi organisasi, memainkan peran penting yang terkait dengan kegiatan individu dan kerja tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui pengaruh pemimpin dan dimensi berwujud dalam lingkungan organisasi terhadap kinerja pekerja. Analisis kualitatif dan kuantitatif dilakukan untuk mengetahui apakah aspek berwujud, tidak berwujud dan dimensi lingkungan organisasi dapat secara positif mempengaruhi kinerja pekerja secara parsial atau seluruhnya. Penelitian ini menyimpulkan, dengan menggunakan analisis regresi deskriptif dan berganda, aspek pemimpin dan dimensi lingkungan organisasi secara positif dan signifikan mempengaruhi kinerja pekerja. Hasil regresi juga menunjukkan bahwa baik yang berwujud maupun tidak berwujud pemimpin dan dimensi aspek lingkungan organisasi mempengaruhi kinerja pekerja.

References

Artikel Manajemen. 2008. Organisasi, Koordinasi, Wewenang Delegasi dan Penyusunan Personalia. Akses tanggal 26 Desember 2008
Daft, Richard L. 1998. Organization Theory and Design. South Western College Publishing. Ohio
Luthans, Fred. 2002. Organizational Behavior. McGraw-Hill. New York
Marselius Sampe Tondok & Rita Andrika. 2004. The Correlation Between Transactional - Transformational Leadership Style Perception and Employees’ Job Satisfaction”. Jurnal PSYCHE . Vol. 1 No.1, Desember 2004
Nazir, Moh. Ph.D. 1988. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta
Robert N.Anthony, dan Vijay Govindarajin. 2005. Management Control System, 11 th ed.Salemba, Jakarta
Robbins, Stephen. P. 2003. Organizational Behavior. Prentice Hall. New Jersey
Sugiyono,Prof. DR. 2008. Statistik untuk Penelitian. CV Alfabeta. Bandung
Sugiyono,Prof, DR. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. CV Alfabeta. Bandung
Amran, Tiena Gustina dan Putri Kusbramayanti. 2007. Leadership and Organizational Culture Relationship Analysis on Job Performance and Satifacation using SEM (Structural Equation Modelling) at PT. Carita Boat Indonesia. Jurnal
John M, Ivancevic,Robert Konopaske dan Michael T.Matteson. 2006. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Edisi Ketujuh. PT.Gelora Aksara Pratama
Published
2018-11-30
How to Cite
Bisri, A. (2018). ASPEK TANGIBLE, INTANGIBLE PIMPINAN DAN DIMENSI LINGKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 1(1), 79-89. https://doi.org/10.47080/intent.v1i1.263
Section
Articles