Meningkatkan Kompetensi Menulis Artikel bagi Guru melalui Workshop di SMAN 1 Cirinten, Lebak Banten

  • Syafrizal Syafrizal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • John Pahamzah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ediwarman Ediwarman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Tricahyani Endah Yuniarti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Syadeli Hanafi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: kompetensi menulis, artikel ilmiah, jurnal ilmiah, sistimatika penulisan jurnal, penelitian

Abstract

Tujuan artikel ini untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menulis artikel disekolah, strategi yang paling dominant dan paling bagus untuk meningkatkan kemampuan menulis dan mengetahui proses menulis artikel sederhana dan di submit pada jurnal nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penulis mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat pada SMAN 1 Cirinten Lebak Banten melalui workshop sehari dengan membahas berbagai jurnal dengan berbagai template OJS Jurnal yang bisa digunakan untuk kenaikan pangkat atau golongan. Beberapa tahapan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan untuk membentuk pemahan dan praktek menulis artikel dan submit pada jurnal melalui tahapan: guru pada worshop memperoleh pengetahuan bagaimana menulis artikel ilmiah yang sesuai dengan ajuan pada fungsional guru, karakteristik jurnal yang bisa diterima, menentukan tema yang sesuai, serta tip agar artikel almiah bisa langsung diterima pada jurnal yang dimaksud. Kemudian, guru pada kegiatan ini diberikan contoh berupa template Sistem Operasi Jurnal"OJS". Kegiatan ini bertujuan agar semua peserta dapat langsung memahami bagaimana menyiapkan diri untuk secara cermat melihat gaya selinngkung pada jurnal tersebut dan langsng mengaplikasikannya, tidak sedikit guru yang pada awalnya tidak percaya diri untuk melakukan hal ini, namun seiring adanya pemamntauan dari beberpa teman pembicar akhirnya para guru mampu menyesuaikan bentuk tulisannya dengan template yang ada. Tahap akhir, diberikan pemahaman yang detil tentang bagimana menulis artikel degan benar, semua peserta dipantau melaluli observasi langsng yaitu semua pembicara yang terlibat dalam kegaiatan memeriksa tulisan, memberikan saran, ide kreatif yang bias menunjang artikel mereka, bagaimana mensitasi dengan benar sesuai dengan template melalui system APA.

References

Aditabayo. (2022, Juli 5 ). Guru Harus menulis Untuk Berbagi Pengalaman. Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.
Adiyani, L. K. (2023, November 16). Strategi Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi Jurnal Internasional. UNAIR Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.
Ahmad, Negara, H. P., Irfan, P., Hammad, R., Latif, K. A., Zulfikri, M., & Arfa, M. (2023). MENINGKATKAN KEMAPUAN MENULIS GURU MELALUI PELATIHAN. JURNAL INTERAKTIF: Warta Pengabdian Pendidikan, Hal. 138-148.
Anwas, M. &. (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. Jakarta, Indonesia.
Darmalaksana, Y. W. (2019, Desember 1). Latihan Efektif Menulis Artikel untuk Publikasi Jurnal Ilmiah. Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
Enik Rusmiati, S. (2020, Mei 18). Bagaimana Bisa Piawai Menulis. Blitar, Jawa Timur, Indonesia.
Indonesia, K. (2020, Mei 3). Kiat-Kiat Meningkatkan Keterampilan Menulis Bagi Pendidik. Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.
Istygfarlana, M. A. (2021 , Juni 14 ). Rendahnya Kompetensi Guru Menjadi Permasalahan Pendidikan di Indonesia Ditinjau Dari Sudut Pandang Sosiologi. Jakarta, Indonesia.
Marmoah, S., Istiyat, S., Hadiyah, & Mahfud, H. (2021). Tingkat Kompetensi Guru dalam Penelitian dan Publikasi Artikel Ilmiah untuk Pengembangan Profesionalisme. JURNALBASICEDU, 4369 -4376.
Marto, H. (2019). KESULITAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENULIS KARYA ILMIAH. Bomba: Jurnal Pembangunan Daerah, 84 - 89.
Muhri, A. (2012, Agustus 29 ). IDENTIFIKASI MASALAH YANG DIHADAPI GURU DALAM PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH. Sulawesi, Sulawesi, Indonesia.
Nasution, N. R. (2023). Strategi Penulisan Karya Ilmiah yang Dapat Meningkatkan Daya Tarik Tulisan Akademis. TY - JOUR, 1-3.
Paimun. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENULIS ARTIKEL. Jurnal Ilmiah WUNY, 28-35.
Paimun, P. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENULIS ARTIKEL MELALUI WORKSHOP. Jurnal Ilmiah WUNY, 28-35.
Pasla, B. N. (2023, Juni 4). Cara Menulis Artikel: Panduan yang Efektif dan Lengkap. Jambi, Jambi, Indonesia.
Renick. (2021, Agustus 5). Terkait Permasalahan Kenaikan Pangkat Fungsional Guru, Diddy Sebut Rata-Rata Permasalahan Angka Kredit. Samaranda, Kaltim, Indonesia.
Republika. (2015, September 28 ). Guru tak Cukup Hanya Memiliki 4 Kompetensi. Jakarta, DKI, Indonesia.
Serambinews. (2023, Mei 21). Permasalahan Kenaikan Pangkat Guru Itu Sensitif. Pidie, Aceh, Indonesia.
silabus.web.id. (2021, Agustus 9). https://www.silabus.web.id. Retrieved from silabus.web.id/: https://www.silabus.web.id/pengertian-kompetensi-guru-dan-jenis-kompetensi-guru/
Sitoresmi, A. R. (2023, Mei 26). 9 Cara Menulis Artikel Bagi Pemula, Pahami Metode Penulisannya. Jakarta, DKI, Indonesia.
Situmorang, R. (2022, Januari 22). Mengapa Guru Harus Menulis? Rawamangun , Jakarta, Indonesia.
Situmorang, R. (2022, Januari 14). Mengapa Guru Harus Menulis? Jakarta, Jakarta, Indonesia.
smpn1bajuin, A. (2019, April 05 ). GURU dan KENDALA MENULIS KARYA TULIS ILMIAH. Bajuin, Kalimantan Selatan, Indonesia.
Tambaip, B., & Rediani, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Melalui Pelatihan dan Pendampingan. INTERNATIONAL JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE LEARNING, pp 448-457.
Tri, F. (2020). 4 Kompetensi Guru yang Wajib Dimiliki oleh Calon Guru. Pancoran, Jakarta Selatan, Indonesia.
Trismanto. (2017). KETERAMPILAN MENULIS DAN PERMASALAHANNYA. Bangun Rekaprima , 62-67.
Uddin, F. R. (2019, Maret 17). EDDY PAHAR : SYARAT MENULIS ARTIKEL YANG BAIK. Jambi, Jambi, Indonesia.
Wikipedia. (2022, April 4). https://id.wikipedia.org/. Retrieved from https://id.wikipedia.org/: https://id.wikipedia.org/wiki/Standar_Kompetensi_Guru
Published
2025-01-16
How to Cite
Syafrizal, S., Pahamzah, J., Ediwarman, E., Yuniarti, T., & Hanafi, S. (2025). Meningkatkan Kompetensi Menulis Artikel bagi Guru melalui Workshop di SMAN 1 Cirinten, Lebak Banten. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(02). https://doi.org/10.47080/abdikarya.v6i02.3609