PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM USAHA PENINGKATAN UMKM EKONOMI KRATIF DI DESA PASIR LIMUS KECAMATAN PAMARAYAN
Abstract
Program pengabdian kepada masyarakat di pandang sebagai program yang wajib dilaksanakan, baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa, dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip yaitu kompetensi akademik, kewirausahaan, dan professional, sehingga dapat menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang bermutu, sinergis dan relavan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat. Perubahan sistem pemasaran dari tradisional menjadi digital marketing dalam menghadapi periode 5.0 atau periode digital, yang memaksakan pihak UMKM untuk melakukan perubahan dalam sistem pemasaran produknya melalui media sosial. Berdasarkan hal tersebut masih banyak pelaku UMKM ekonomi kreatif produk Rumah tangga yang belum memahami digital marketing, melalui penggunaan digital marketing dalam hal ini adalah media sosial Awalnya kegiatan ini hanya sebagai pengisi waktu luang, tetapi saat ini justru menjadi kegiatan utama sebagai penambah perputaran ekonomi dalam rumah tangga. Selama ini kegiatan penjualan hasil industri ini dilakukan secara konvesional maupun tradisional, mereka membuat produk hanya berdasarkan pesanan. Tetapi setelah mengenal adanya media sosial, kegiatan perekonomian mulai meningkat dan pesanan bertambah bukan hanya didaerah sekitar pasir limus akan tetapi sudah meluas.
References
http://repository.unida.ac.id/1858/
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76.
https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Kartika H, Bambang. 2013, WeChat, Social Messaging dengan Fitur Kaya Multimedia
Kurniawan, E., Nofriadi, & Maharani, D. (2021). Sosialisasi digital marketing dalam upaya peningkatan penjualan produk umkm. 1(1), 31–36.
Risa Ratna Gumilang, (2019), Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri, Jurnal Ilmiah Manajemen (E-ISSN : 2615-4978, P-ISSN : 2086-4620) Vol 10 No 1, 9-14
Safko, Lon and David K.Brake 2016. The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success, John Wiley & Sons: New Jersey.
Turban, Efraim, R.Kelly Jr. Rainer dan Richard E.Potter, 2013, Introduction To Information Technology, 3rd Edition, John Wiley & Sons, Inc., New York
Wahyuni, S., Fourqoniah, F., & Arsyad, A. W. (2019). Pengaruh Konten Instagram @Smrfoodies Terhadap Minat Beli Followers. EJournal Ilmu Komunikasi, 7(1), 154–166
Zanuar Rifai, & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609.
https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540