SOSIALISASI & PENYULUHAN STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI TELOR ASIN DI KAMPUNG WISATA SUKADIRI KELURAHAN KASUNYATAN KECAMATAN SERANG KOTA SERANG

  • Anita Dyah Juniarti Universitas Banten Jaya
Keywords: Bauran Pemasaran, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Telur Asin

Abstract

Telur asin merupakan salah satu produk oleh-oleh yang banyak tersedia di kawasan wisata Banten Lama,
tepatnya di Kampung Wisata Sukadiri, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Produksi
telur asin ini telah berlangsung selama puluhan tahun. Hingga saat ini, produsen telur asin sudah memasuki
generasi kedua atau ketiga. Akan tetapi, perkembangan UMKM telur asin tidak sepesat pertumbuhan
wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Banten Lama. Hal ini karena banyaknya UMKM (sebagai
pembuat dan penjual telur asin) di kawasan wisata ini, maka persaingan menjadi ketat. Salah satunya
karena toko/kios yang menjual telur asin kurang memiliki daya tarik untuk menjual produk mereka. Hal ini
dapat diidentifikasi dari UMKM pembuat telur asin yang menjual telur asin dengan kemasan yang seadanya.
Kemasan yang digunakan biasanya hanya menggunakan, besek, mika ataupun kemasan kardus yang kurang
menarik. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan wawasan
kepada UMKM agar melakukan inovasi cara-cara pemasaran (bauran pemasaran) terhadap kemasan telur
asin sebagai salah satu komoditas oleh-oleh dari Kampung Wisata Sukadiri, Kota Serang. Usulan inovasi
pemasaran telur asin terdiri dari beberapa alternatif cara pemasaran, yang kemudian dari semua alternatif
tersebut akan dipilih usulan pemasaran yang terbaik, yang mampu dilaksanakan oleh UMKM pembuat telur
asin tersebut. Pada akhirnya, dengan inovasi pemasaran, diharapkan penjualan meningkat, sehingga UMKM
lebih sejahtera

References

Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta
Asmarantaka, R. W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y. N., & Rosiana, N. (2018). Konsep Pemasaran
Agribisnis : Pendekatan Ekonomi dan Manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia, Vol 5 No.2,
https://doi.org/10.29244/jai.2017.5.2.151-172.
Henrikus Egha Hanintyas Widiastomo dan Andhatu Achsa. (2021). Strategi Pemasaran terhadap
Tingkat Penjualan, Kinerja Vol. 18 No. 1.
Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran 1 (Edisi 13). Jakarta. Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson
Education, Inc.
Ririn Tri Ratnasari, Mastuti H Aksa. (2011). Edisi 1. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa.
Bogor. Ghalia Indonesia.
Rokko, Pierre Bernard Christian. (2018) Inovasi Kemasan Telur Asin untuk Meningkatkan Daya
Jual,. S1 thesis, UAJY, http:e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15791.
Suryana. (2013). Edisi 2. Ekonomi Keatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang.
Jakarta: Salemba Empat.
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya
Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 29 No.1.
Wijaya, Tony (2011) Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta. Salemba Empat
Published
2024-07-21
How to Cite
Juniarti, A. (2024). SOSIALISASI & PENYULUHAN STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI TELOR ASIN DI KAMPUNG WISATA SUKADIRI KELURAHAN KASUNYATAN KECAMATAN SERANG KOTA SERANG. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(01). Retrieved from https://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/3370

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>