Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM
Abstract
Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM) yang didirikan di Desa Cilanggir, Kecamatan Grogol Idah, Kabupaten Serang merupakan pilar penting penopang perekonomian masyarakat Desa Cilanggir. Hal ini ditandai dengan rata-rata mata pencaharian masyarakat sebagai pelaku industri yaitu industri tahu, industri sangkar burung, dan industri pandai besi. Dalam pelaksanaannya, para pelaku industri di Desa Cilanggir masih menggunakan beberapa cara konvensional dalam upaya pemasaran produknya dimana hasil produksinya akan dijual kepada pengepul yang sudah menjadi konsumen tetap. Berdasarkan hasil observasi, para pelaku usaha ini mengaku masih kesulitan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi saat ini sehingga target pasarnya masih sangat terbatas. Kegiatan ini menggunakan metode pendekatan yaitu dengan mengamati pelaku usaha untuk melihat secara langsung kendala yang dihadapi. Dilanjutkan dengan metode pembekalan melalui pemaparan materi hingga sosialisasi guna memperdalam beberapa strategi yang dapat digunakan pelaku industri untuk lebih memperluas pangsa pasar. Hasil pemaparan materi menunjukkan bahwa untuk memperluas pasar produksi sebaiknya memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini sehingga dapat memaksimalkan pendapatan usaha. Selain itu dalam upaya pemasaran sebaiknya menonjolkan sesuatu yang menjadi ciri khas dari produk yang diciptakan agar mampu bersaing dengan pangsa pasar yang luas.
References
Akhmad, K. A., & Purnomo, S. (2021). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surakarta. Sebatik, 25(1), 234–240. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1293
Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bertahan pada Kondisi Pandemik Covid 19 di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOVE), 6(2), 139–146. https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/434 Amri, A. (2020). Pengaruh periklanan melalui media sosial terhadap UMKM di Indonesia di masa pandemi. Jurnal Brand, 2(1), 123–130. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand
Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing Studi Kasus Usaha Kremes Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.279
Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. JDinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133
Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2019). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX,” 9(1), 195–204. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/view/1212
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.
Kustanto, A. (2022). USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) sebagai : PILAR EKONOMI KERAKYATAN dalam DIMENSI POLITIK HUKUM INTEGRATIF. Jurnal Ilmu Hukum QISTIE, 15(1), 17–31. https://doi.org/10.31942/jqi
Nalini, S. N. L. (2021). Dampak Dampak covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 662–669. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.278 Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Sopanah, Anam, C., & Paramita, N. (2021). Peran Penting Pelatihan Digital Marketing dan Manajerial bagi UMKM Olahan Makanan Kecamatan Lowokwaru Malang. The 4th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2021), 1(1), 939–944. Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244 Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 2(1), 147–153.
Utami, B. S. A. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor UMKM di Indonesia. Journal Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, 03(1), 1–7. Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.
Wastutiningsih, S. P., & Dewi, T. P. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Suluh Pembangunan : Journal of Extension and Development, 1(2), 90–96. https://doi.org/10.23960/jsp.v1i2.20