PENINGKATAN DIGITALISASI UMKM DESA SUKARATU BERBASIS INKLUSI DIGITAL
Abstract
Literasi keuangan berbasis digital ini berpengaruh pada perkembangan dunia teknologi khususnya pada digitalisasi pemasaran, dimana pengaksesan pada sumber daya digital menjadi peranan yang cukup meyakinkan bagi partisipasi sosial dan ekonomi khususnya bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Tujuan dilaksanakan pengabdian ini yaitu untuk mengedukasi para produsen. Kegiatan sosialisasi kepada pelaku UMKM dilakukan di Desa Sukaratu. Kabupaten Serang-Provinsi Banten. Metode yang digunakan diantaranya adalah observasi dan sosialisasi dengan bantuan pedoman wawancara. Hasil yang didapatkan bahwa tantangan yang hadapi produsen menjadi pelajaran yang didapat ke dalam inisiatif inklusi digital, yang memungkinkan untuk mengatasi hambatan dan menciptakan dampak yang berkelanjutan. Fleksibilitas, kemampuan beradaptasi, dan pemahaman yang mendalam tentang masyarakat yang dilayani adalah kunci untuk mengembangkan strategi yang efektif yang mendorong akses yang adil, literasi digital, dan peluang untuk inklusi digital sehingga dapat meningkatkan produktivitas serta dapat mengembangkan inovasi, kreatifitas maupun kualitas usaha yang dimilikinya yang dapat memberikan nilai jual dan nilai saing untuk meningkatkan usahanya. Demikian pelaku UMKM diharapkan dapat mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan usaha melalui media digital, salah satunya adalah media social sehingga UMKM yang ada di desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal dapat ditingkatkan dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat desa.
References
[2] D. Aribawa, “PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA DAN KEBERLANGSUNGAN UMKM DI JAWA TENGAH,” Siasat Bisnis, vol. 20, no. 1, pp. 1–13, 2016, doi: 10.1007/s10006-013-0431-4.
[3] C. M. Hidayat, L. F. Lishobrina, and ..., “Analisis Peran Financial Technology dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif pada UMKM di Kabupaten Banyumas,” J. Ris. dan Inov. …, 2023, [Online]. Available: https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jrim-widyakarya/article/view/963.
[4] E. Karyani, I. Geraldina, and M. G. Haque, “Transformasi Digital Industri Halal Besar & UMKM,” Wikrama Parahita J. …, 2021, [Online]. Available: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4976.
[5] D. Firmansyah, A. A. Rifa’i, A. Suryana, and ..., “Self Identity Management UMKM Dalam Cyberspace: Perspectif Pasca Transformasi Digital UMKM Di Kawasan Destinasi Wisata Geopark Cileutuh,” J-ABDI J. …, 2021, [Online]. Available: https://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/529.
[6] I. N. P. Kusuma, “Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Inklusi Keuangan melalui Financial Technology pada UMKM di Bandar Lampung,” J. Manaj. Bisnis Dan Kewirausahaan, 2020, [Online]. Available: https://journal.untar.ac.id/index.php/jmbk/article/view/9236.
[7] R. I. Lestari, D. Santoso, and I. Indarto, “Meningkatkan literasi keuangan digital pada pelaku UMKM melalui sosialisasi gerakan nasional non-tunai,” J. Inov. Has. Pengabdi. …, 2021, [Online]. Available: http://jim.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/10947.
[8] B. P. Sari, D. Rimbano, B. Marselino, and ..., “Determinasi Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan Usaha UMKM,” Own. Ris. dan …, 2022, [Online]. Available: http://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/view/928.
[9] D. Quaye and I. Mensah, “Marketing innovation and sustainable competitive advantage of manufacturing SMEs in Ghana,” Manag. Decis., vol. 57, no. 7, pp. 1535–1553, 2019, doi: 10.1108/MD-08-2017-0784.
[10] K. Kusjuniati, “UMKM Indonesia Menuju Industri Halal Dan Go Digital Dalam Memasuki Pasar Global,” Widya Balina, 2022, [Online]. Available: https://www.journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/152.
[11] E. N. Anisyah, D. Pinem, and ..., “Pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan dan financial technology terhadap perilaku keuangan pelaku UMKM di Kecamatan Sekupang,” MBR (Management …, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/mbr/article/view/6083.
[12] Y. Pida and I. Imsar, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Scale Up Bisnis Umkm Kota Medan Dalam Kerangka Maqashid Syariah,” J. Sains Sosio Hum., 2022, [Online]. Available: https://online-journal.unja.ac.id/JSSH/article/view/22897.
[13] S. B. Syed, S. Leatherman, N. Mensah-Abrampah, M. Neilson, and & E. Kelley, “Improving the quality of health care across the health system,” Bull World Heal. Organ, 2018, doi: 10.2471/BLT.18.226266.
[14] F. J. Agbo, S. S. Oyelere, J. Suhonen, and M. Tukiainen, “Scientific production and thematic breakthroughs in smart learning environments: a bibliometric analysis,” Smart Learn. Environ., vol. 8, no. 1, pp. 1–25, 2021, doi: 10.1186/s40561-020-00145-4.
[15] A. Z. Tayibnapis, Kebangkitan UMKM di Indonesia. books.google.com, 2021.
[16] G. J. Tobing, L. Abubakar, and T. Handayani, “Analisis peraturan penggunaan QRIS sebagai kanal pembayaran pada praktik UMKM dalam rangka mendorong perkembangan ekonomi digital,” Acta Comitas: Jurnal Hukum …. ojs.unud.ac.id, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/actacomitas/article/download/70848/42133.
[17] A. Syamsudin, “Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Anak, vol. 3, no. 1. 2015, doi: 10.21831/jpa.v3i1.2882.
[18] S. R. Nurdianti, “Analisis faktor-faktor hambatan komunikasi dalam sosialisasi program keluarga berencana pada masyarakat,” J. Ilmu Komun., vol. 2, no. 2, p. 149, 2014.
[19] M. A. Khairusy, L. Ferial, and S. Atmaja, “Peningkatan Ekonomi Kreatif Masyarakat Dengan Pemanfaatan Sabut Kelapa ‘Coconut Fiber’ Sebagai Produk Ramah Lingkungan,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, p. 518, 2021, doi: 10.24198/kumawula.v4i3.35469.
[20] N. T. Aripin, N. Fatwa, and M. Hannase, “Layanan Digital Bank Syariah Sebagai Faktor Pendorong Indeks Literasi Dan Inklusi Keuangan Syariah,” Syarikat J. Rumpun Ekon. …, 2022, [Online]. Available: https://journal.uir.ac.id/index.php/syarikat/article/view/9362.
[21] R. A. E. Hapsari, Y. E. Hesti, and D. K. E. Gea, “… Hukum Dalam Modernisasi Umkm Melalui Penerapan Fintech Di Era Digital (Studi Kasus Pada Otoritas Jasa Keuangan dan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi …,” J. Penelit. Dan …, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.unidha.ac.id/index.php/JPPISB/article/view/617.