STRATEGI PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN ORIENTASI MASA DEPAN (SISWA MIA MAN 02 OKUS DI DESA SUGIH WARAS)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi peningkatan motivasi belajar dan orientasi masa depan dimana siswa MAN 02 OKUS kurangnya motivasi dan kosentrasi belajar dan kendala untuk masuk ke perguruan tinggi ialah seperti terhambatnya biaya dan kurang pemahan tentang pentingnya perguruan tinggi untuk menunjang masa depan. Kurangnya pemahaman materi yang diberikan oleh guru dikarnakan adanya pandemi covid-19 maka Seluruh Sekolah di kec banding agung termasuk MAN 02 OKUS mengadakan sekolah daring.Metode penelitian mengunakan Kualitatif yang dilakukan dengan observasi dan wawancara di lingkungan sekolah. Sampel diambil sebanyak 19 siswa dengan teknik sosialisasi dan penyuluhan dan pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui grup Whatsapp sekolah kepada seluruh sampel. Hasil yang diproleh dari penelitian ini adalah program ini cukup berhasil membuat perubahan bagi siswa MAN 02 OKUS . Dengan adanya penyuluhan dan sosialisasi Strategi motivasi belajar dan orientasi masa depan, maka sekolah MAN 02 OKUS mulai mendapatkan respon Positif dengan program program yang sudah Penulis buat. Tujuan dari penelitian ini adalah supaya meningkatkan motivasi belajar dan orientasi masa depan siswa.
References
Markum.2017. Pengaruh Motivasi Belajar dan status sosial. Jurnal Imiah Mahasiswa pendidikan FKIP unsyiah Vol 2, Nomor 2, Hal 1-14, febuari 2017
Sudirman.2018. Bab II Kajian Teori Motivasi Belajar. http://repositori.unsil.ac.
Mapiarre (ali 2012). Bab II kajian teori perkembangan remaja. http://etheses.uin-malang.ac.id akses 2014 oleh R Amalia
Observasi dan Wawancara Lansung ke sekolah MAN 02 OKUS. 26 juli-26 Agustus