SOSIALISASI PROFESI AKUNTANSI DALAM MEMASUKI DUNIA KERJA PADA SISWA KELAS XII SMKN 4 KOTA SERANG
Abstract
Pendidikan merupakan faktor dominan yang mempengaruhi peningkatan sumber daya manusia, bahkan dapat dikatakan pendidikan yang bermutu akan menciptakan manusia yang bermutu. Dalam dunia pendidikan khususnya, pelajaran akuntansi sangat luas penggunannya tanpa kita sadari semua bidang kegiatan yang dilakukan sehari-hari melibatkan akuntansi. Dalam upaya meningkatkanteaga kerja yang professional, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), memiliki peran dalam mewujudkan hal tersebut, agar mampu mengisi lapangan kerja yang berkualitas sebagai alat unggulan bagi industry dalam rangka menghadapi persaingan global dan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Harapan itu seakan sirna setelah melihat realita saat ini yang menunjukkan bahwa masih banyak lulusan SMK yang tidak memiliki kompetensi di bidangnya, sehingga mereka mengalami kesulitan dalam pengembangan karir. Solusi selanjutnya adalah penyuluhan atau sosialisasi kepada kelas XII SMK Negeri 4 kota Serang, materi pemahaman tentang akuntansi serta pengetahuan mengenai profesi akuntansi, dan bagaimana peran akuntansi di dunia kerja. Sehingga dapat lebih memahami akuntansi dan perkembangan terkini ilmu akuntansi memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada siswa-siswi dan guru mengenai profesi akuntansi, kode etik profesi serta masa depan profesi akuntansi
References
Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Henny Wirianata, 2017. Kompetensi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Dunia Kerja Era Masyarakat Ekonomi Asean (Mea)
Murniati dan Usman, Nasir. 2009. Implementasi Manajemen Stratejik Dalam Pemberdayaan Sekolah Kejuruan. Bandung: CV. Perdana Mulya Sarana.
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susana, Nanik. 2016. Pengelolaan Praktek Kerja Industri. Manajer Pendidikan , Volume 10, Nomor 6. Hal 579-587.
Sudjana, S. 2004. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 tentang Tujuan Pendidikan Nasional
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 15 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Sudradjat. 1994. Pengaruh kerapatan kayu, tekanan pengempaan dan jenis perekat terhadap sifat briket kayu. Jurnal Penelitian Hasil Hutan. 1(1) : 11 – 15. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan, Bogor.
Seran, J.B.1990.,” Bioarang untuk memasak”, Edisi II, Liberti., Yogyakarta