PENDAMPINGAN BELAJAR BERNUANSA ISLAMI MELALUI BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA DI DESA RUWIT WEDUNG DEMAK

  • Putri Nur Malasari IAIN Kudus
  • Atikoh Atikoh IAIN Kudus
  • Umi Kamilia IAIN Kudus
  • Choirun Na'im IAIN Kudus
Keywords: Islam; Matematika; Pendampingan Belajar; Pengabdian Masyarakat

Abstract

On average, Elementary School and Madrasah Ibtidaiyah students in the village of Ruwit Wedung Demak
have difficulty completing homework assignments in mathematics. On the other hand, some parents have
limited ability to teach mathematics at home. Based on this, this community service has the aim of
developing motivation and achievement in learning mathematics by providing an Islamic learning
experience in mathematics. The implementation of this service uses the service-learning method. This
service activity involved 50 elementary and Madrasah Ibtidaiyah students. The learning mentoring
process is carried out by dividing students into groups based on grade level. This service data analysis
technique is descriptive narrative. The results of this service reveal that the motivation and achievement
of learning mathematics in Ruwit village children are experiencing good development.

References

Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter pada
Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 44-50.
Deu, A. Aktivitas Gelombang Alfa Otak Saat Diperdengarkan Surah Al-Fatihah dengan
Mengetahui Maknanya (Skripsi, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah Jakarta).
Dwirahayu, G., & Nursida, N. (2017). Mengembangkan pembelajaran matematika dengan
menggunakan metode permainan untuk siswa kelas 1 MI. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan
Pendidikan Matematika, 5(2).
Fauvel, J. G. (2000). The Role of History of Mathematics within a University Mathematics
Curriculum for the 21st Century. Teaching and Learning Undergraduate Mathematics
Newsletter, (12), 10-20.
Gerholz, K. H., Liszt, V., & Klingsieck, K. B. (2018). Effects of Learning Design Patterns in
Service Learning Courses. Active Learning in Higher Education, 19(1), 47-59.
Gultom, E., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 097350 Parbutaran. JS
(JURNAL SEKOLAH), 4(4), 33-41.
Izah, S. J., & Malasari, P. N. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam
Pembelajaran Geometri. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 44-58.
Jera, R. P., dkk. (2020). Pendampingan Les Tambahan Mata Pelajaran Matematika di Taman
Baca Gracia melalui Bimbingan Belajar Peserta Didik di Kelurahan Prailiu. Jurnal
Pengabdian Barelang, 2(03), 1-4.
Logue, A. W. (2013). The origins of Behaviorism. Points of View in the Modern History of
Psychology, 141.
Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Kontribusi Habits of Mind Terhadap Kemampuan
Literasi Matematis Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 153-164.
Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2020). Inquiry Co-Operation Model: An Effort to
Enhance Students’ Mathematical Literacy Proficiency. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi
Matematika), 4(1), 87-96.
Malasari, P. N., & Muna, S. G. (2021). Integrasi Budaya Islam pada DINAMITE: Media
Sosialisasi Ramah Lingkungan dan Eskalasi Keterampilan Matematika. CIRCLE: Jurnal
Pendidikan Matematika, 1(02), 52-62.
Miriam Brückler, F. (2003). Popularization of Mathematics: Local and Global
Perspectives. European Women in Mathematics (pp. 335-345).
Narimo, S. (2020). Budaya Mengintegrasikan Karakter Religius dalam Kegiatan Sekolah
Dasar. Jurnal Varidika, 32(2), 13-27.
Nuraini, L. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika SD/MI
Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2).
Nurjannah, N., Danial, D., & Fitriani, F. (2019). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa
Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif. Didaktika: Jurnal
Kependidikan, 13(1), 68-79.
Oktaviani, T., & Dewi, E. R. S. (2019). Penerapan Pembelajaran Aktif dengan Metode Permainan
Bingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mimbar Ilmu, 24(1), 47-52.
Pahmi, S., Suciani, A., Yulianti, R., Putri, C. S., & Sagita, T. (2021). Pendampingan Belajar Di
Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa di Desa
Gegerbitung. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55-59.
Prabowo, S. A., Ardhi, M. W., & Widiyanto, J. (2016). Analisis Kepuasan Siswa Terhadap
Kegiatan Pembelajaran Biologi Pada Sekolah Formal Dan Lembaga Bimbingan Belajar
Non-Formal di Kota Madiun. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian dan
Pengabdian kepada Masyarakat) IKIP PGRI Madiun, 3(1), 31-35.
Sagita, M., & Kania, N. (2019). Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika di
Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 570-576).
Setiawan, Y. B., & Sumarah, I. E. (2019). Pendampingan Penerapan Bimbingan Pribadi dan
Bimbingan Belajar Matematika untuk Membangun Resiliensi Siswa Kelas 6 SD Cahaya
Bangsa Utama. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(2), 110-121.
Surbakti, A. S. (2019). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran
Matematika Kelas IV SD di SD Negeri 101740 Tanjung Selamat Tahun Pembelajaran
2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(2), 200-221.
Sunarsih, I. (2019). Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Operasi Hitung dan Bilangan Dalam
Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Metode Diskusi. Jurnal Pendidikan
Dasar, 10(2), 137-142.
Tzanakis, C., & Arcavi, A. (2000). Integrating History of Mathematics in the Classroom:
Ananalytic survey. In J. Fauvel, & J. van Maanen (Eds.), History in Mathematics Education
(pp. 201–240). The ICMI Study. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Wibawa, B. S., & Haerudin. (2019). Efisiensi Pemberian Musik Klasik pada Pembelajaran
Matematika Siswa SMP Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.
Prosiding Sesiomadika, 2 (1), 610-616.
Wulandari, S. (2016). Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Melalui Pembiasaan Membaca AlQur’an Sebelum Belajar (Study di SD Negeri 109 Palembang). (Skripsi, UIN Raden Fatah
Palembang).
Wahyuni, F. T., Arthamevia, A. T., & Kurniawan, G. (2020). Efektivitas Strategi REACT
Berbasis Keislaman terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecerdasan
Spiritual. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2), 109-126.
Zakiyah, M., & Malasari, P. N. (2021). Etnomatematika: Identifikasi Batik Bakaran Berdasarkan
Konsep Geometri Transformasi. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 287-294
Published
2022-04-06
How to Cite
Malasari, P., Atikoh, A., Kamilia, U., & Na’im, C. (2022). PENDAMPINGAN BELAJAR BERNUANSA ISLAMI MELALUI BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA DI DESA RUWIT WEDUNG DEMAK. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 11-20. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i1.1888