PENGEMBANGAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN CIPETE KECAMATAN CURUG KOTA SERANG

  • Dede Rohadi Fajri Mr
Keywords: Anak Usia Dini, Rekreasi-Edukasi, Sumber Belajar, Taman Baca

Abstract

Kegiatan ini mengkaji tentang Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) di Kelurahan Cipete Kecamatan Curug Kota Serang. Dengan Metode atau Teknik Participatory Rural Appraisal dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, Focus Group Discussion, dan studi pustaka kegiatan ini bertujuan mengetahui pengembangan taman bancaan masyarakat mengenai tugas dan fungsi taman bacaan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan belajar pada anak usia dini. Hasil kajian menunjukkan bahwa Taman bacaan masyarakat yang ada di lingkungan desa Sindangkerta berperan sebagai sumber belajar anak-anak usia dini, sumber informasi bagi para orang tua dalam membina anak usia dini, dan sarana rekreasi-edukasi bagi masyrakat. Dengan demikian Taman bacaan masyarakat dapat berperan sebagai sarana belajar baik bagi anak-anak usia dini maupun para orang tua anak-anak- terutama ibu rumah tangga muda dalam memperluas pengetahuan mereka.

References

Eliasa, E. I. (2011). Pentingnya Kelekatan Orang tua dalam Internal Working Model untuk pembentukan Karakter Anak (Kajian Berdasarkan Teori Kelekatan dari John Bowlby). dalam Karakter Sebagai Saripati Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Yogyakarta: Inti Media Yogyakarta bekerjasama dengan Pusat Studi Pendidikan Anak Usia Dini Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
Direktorat Pendidikan Masyarakat, D. P. D. P. P. (2008). Konsep Taman Bacaan Masyarakat Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Pendidikan Masyarakat, D. P. D. P. P. (2009). Keaksaraan dalam Wacana Global: Media Komunikasi Pendidikan Keaksaraan (Aksara). Jakarta: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan I. (2012). Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ruang Publik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Djohani, R. (2003). Partisipasi, Pemberdayaan, dan Demokratisasi Komunitas: Reposisi Participatory Rural Appraisal (PRA) dalam Program Pengembangan Masyarakat. Bandung: Studio Driya Media.
Gong, Gol A.; Irkham, A. I. (2011). Gempa Literasi: Dari Kampung untuk Nusantara. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Menteri Pendidikan Nasional R.I. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional R.I.
Menteri Pendidikan Nasional R.I. Menteri Pendidikan Nasional No. 48 Tahun 2010 mengenai penguatan dan perluasan (2010). Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional R.I.
Saepudin, E. (2016a). Literasi Media Bagi Guru Paud Di Kecamatan Cicalengka. Dharmakarya, 5(1), 39.
Saepudin, E. (2016b). Tingkat Budaya Membaca Masyarakat (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kabupaten Bandung). Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 3(2), 276. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/jkip
Sumanto, W. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2022-04-02
How to Cite
Fajri, D. (2022). PENGEMBANGAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN CIPETE KECAMATAN CURUG KOTA SERANG. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 85-94. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i1.1505