MENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA TANAMAN SAWI DENGAN METODE HIDROPONIK DI DESA PELAWAD KECAMATAN CIRUAS

  • Sri Mukti Wirawati Universitas Banten Jaya
  • Sri Ndaru Arthawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Covid-19, Hydroponics, Innovation

Abstract

Dunia dikejutkan dengan wabah pandemi virus corona (Covid-19) yang menginfeksi hampir seluruh negara di dunia. Langkah yang telah dilakukan pemerintah adalah mengeluarkan peraturan tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dengan adanya pembatasan ini, masyarakat semakin sulit beraktivitas dan melakukan kegiatan di luar rumah seperti biasanya. Covid-19 berpengaruh bagi sektor perekonomian maupun pariwisata yang dapat menurunkan pendapatan masyarakat sekitar. Perlu adanya suatu kegiatan yang dapat meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Program yang dilakukan yaitu Pembuatan budidaya tanaman sawi dengan metode hidroponik di Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang. Adapun capaian yang dihasilkan berupa ikan dan sayur yang organik sehingga menghasilkan produk yang inovatif serta nilai jual tinggi dan akan memancing rasa ingin tahu masyarakat yang ingin mencoba menerapkan, sehingga jumlah wisatawan yang datang akan mengalami peningkatan dan tentunya hal ini akan meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat sekitar.

References

Alamsjah , A. M., O. N. Ayuningtyas, dan S. Subekti. (2010). Pengaruh lama penyinaran terhadap pertumbuhan dan klorofil Gracilaria verrucasa pada Sistem Budidaya Indoor. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. Universitas Airlangga.

Edi, S., dan J. Bobihoe. (2010). Budidaya Tanaman Sayuran. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Jambi. 54 hal.

Hakim, R.M., H. Yusuf, dan L. Musthofa. (2015). Rancang Bangun Plant Factory untuk Pertumbuhan Tanaman Sawi Hijau (Brassica Rapa var. Parachinensis) dengan Menggunakan Light Emitting Diode Merah dan Biru. Malang: Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya.

Lingga, P. 2005. Hidroponik Bercocok Tanam Tanpa Tanah. Jakarta: Penebar Swadaya.

Lindawati, Y. 2015. Pengaruh Lama Penyinaran Lampu LED dan Lampu Neon terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Hidroponik Sistem Sumbu (Wick System) [Skripsi]. Lampung: Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

Perwtasari, B. 2012. Pengaruh Media Tanam Dan Nutrisi Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Pakchoi (Brassica Juncea L.) Dengan Sistem Hidroponik. Agrovigor.5 (1) : 14-25.

Prihmantoro, H., dan Y.H. Indriani. 1999. Hidroponik Sayuran Semusim untuk Bisnis dan Hobi. Jakarta: Penebar Swadaya

Published
2021-04-27
How to Cite
Wirawati, S., & Arthawati, S. (2021). MENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA TANAMAN SAWI DENGAN METODE HIDROPONIK DI DESA PELAWAD KECAMATAN CIRUAS. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 1 - 9. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i1.1151

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>