Pengembangan E-Modul Pancasila Berbasis Kvisoft Flipbook Maker dengan Pendekatan Scaffolding untuk Meningkatkan Civic Knowledge Siswa

Authors

  • Lina Marlina Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.47080/et04ep81

Keywords:

E-Modul Pancasila, Kvisoft Flipbook Maker, Pendekatan Scaffolding, Civic Knowledge

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker, memanfaatkan pendekatan scaffolding untuk meningkatkan Civic Knowledge siswa kelas X-2 di SMAN 6 Kota Tangerang Selatan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat Siswa  dalam memahami materi Pancasila, yang dinilai abstrak dan teoritis, serta masih didominasi menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), memanfaatkan model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memperoleh validasi ahli dengan tingkat kelayakan 89,2% (sangat layak). Uji coba dan lapangan terbatas menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam Civic Knowledge siswa, dengan skor rata-rata pretest 65,4 meningkat menjadi 82,7 pada posttest. Selain itu, 85% siswa menyatakan bahwa e-modul membantu mereka memahami materi dengan lebih mudah, dan 78% siswa merasa bahwa fitur interaktif dalam e-modul mendukung proses pembelajaran mereka. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa E-Modul Pancasila Berbasis Pembuat Flipbook Kvisoft dengan Pendekatan Scaffolding dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, meningkatkan pemahaman konsep Pancasila, dan menjadi alternatif solusi inovatif dalam pendidikan berbasis teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amali, L. N., Rahman, T., & Suryani, N. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis R&D dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 7(2), 112–124.

Arvinda, D. (2018). Pengembangan bahan ajar digital untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Interaktif, 6(2), 45–60.

Aydin, B., & Aytekin, C. (2018). Peran teknologi digital dalam pendidikan. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 6(2), 123–134.

Badri Munawar, & Hasyim, AF (2020). Pentingnya bahan ajar dalam pendidikan. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Internasional, 9(3), 78–85.

Christina, Anggota Parlemen (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis ADDIE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(1), 45–56.

Dalimunthe, R. F., Siregar, NR, & Harahap, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Research and Development (RnD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(3), 203–215.

Erlina, E. E. (2017). Inovasi Pembelajaran Melalui Penelitian Dan Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 121–148. https://doi.org/10.24042/albayan.v8i1.356

Fadillah, R. (2023). Civic Knowledge dan perannya dalam pembangunan nasional. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 67–80.

Haryonik, T., & Bhakti, A. (2018). Peran bahan ajar digital dalam proses pembelajaran. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 120–135.

Hatta, TA, Sari, IP, Hariani, PP, & Novita, A. (2024). Pengembangan E-Modul Teks Biografi Kelas X di SMA Dr Wahidin Sudirohusodo Medan Berbasis Aplikasi Digital K-Visoft Flipbook Maker. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1–10.

Hidayatullah, R., & Rakhmawati, A. (2016). Kvisoft Flipbook Maker sebagai alat pembelajaran digital. Jurnal Pendidikan Digital, 8(2), 98–112.

Indrani, S., & Lazulva, K. (2020). Teknik perancah dalam pendidikan. Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(1), 58–73.

Kurniasari, Y., Subandowo, M., & Karyono, H. (2023). Pengembangan Media Interaktif Kvisoft Flipbook Maker Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 403. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6627

Oliver, M., Gistered, M., & Liberty, M. (2020). Strategi pengajaran yang digunakan dalam pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah menengah di Zambia. Jurnal Penelitian Internasional -GRANTHAALAYAH, 8(2), 39–46. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v8.i2.2020.182

Wagiran. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Research and Development untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(2), 78–89.

Wulandari, R., & Sulistyowati, E. (2022). Pengembangan Flip PDF E-Modul Interaktif Berbasis Profesional di PPKn Learning. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 78–95.

Downloads

Published

2025-09-27

How to Cite

Pengembangan E-Modul Pancasila Berbasis Kvisoft Flipbook Maker dengan Pendekatan Scaffolding untuk Meningkatkan Civic Knowledge Siswa. (2025). Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 8(2). https://doi.org/10.47080/et04ep81

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>