PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA TRANSPORTASI ONLINE PADA MAHASISWA UT BEKASI

Penulis

  • Ferdyan Christopher
  • Amelia Anwar

DOI:

https://doi.org/10.47080/jumerita.v4i1.3352

Kata Kunci:

promosi, kualitas, pelayanan, keputusan, pembelian

Abstrak

ABSTRAK

Dalam era digital saat ini, jasa transportasi online telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan mahasiswa. Dengan adanya berbagai aplikasi transportasi online seperti Grab, Uber, dan Gojek, mahasiswa memiliki lebih banyak pilihan untuk memilih moda transportasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka. Dalam hal ini, kualitas pelayanan dan promosi menjadi faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian jasa transportasi online oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian jasa transportasi online pada mahasiswa UT Bekasi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan dengan metode kuesioner, jumlah sampel di dalam penelitian ini 99 mahasiswa universitas Terbuka di kota Bekasi. Analisis data di dengan regresi linear berganda, hasil menyimpulkan secara parsial dan simultan promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jasa trasportasi online pada mahasiswa UT Bekasi, dengan kemampuan prediksi 56,6%, sedangkan sisanya sebesar 43,4% keputusan pembelian jasa trasportasi online pada mahasiswa UT Bekasi dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini.

Diterbitkan

2024-05-30