PERAN INNOVATIVE WORK BEHAVIOUR (IWB) DAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (POS) DENGAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DALAM PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA UMKM COFFEESHOP DI SERANG
DOI:
https://doi.org/10.47080/jumerita.v3i02.2810Kata Kunci:
Innovative work behaviour, Perceived organizational support, Kinerja karyawanAbstrak
Latar belakang: UMKM memiliki peran penting dalam ekonomi Indonesia, sebagai negara dengan jumlah UMKM terbanyak di ASEAN. UMKM sering menghadapi tantangan dalam meningkatkan kinerja karyawan. Perceived Organizational Support dan Innovative work behaviour menjadi faktor yang memengaruhi kinerja karyawan. Tujuan: untuk memperluas pemahaman dan perspektif baru mengenai dampak POS dan IWB terhadap kinerja karyawan melalui variabel employee engagement, dengan harapan membentuk model penelitian yang baru. Kebaruan: dalam mempertimbangkan peran IWB dan POS dengan employee engagement sebagai variabel intervening dalam meningkatkan kinerja karyawan pada UMKM coffeeshop di Serang. Metodologi penelitian: yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Jumlah responden 50 sampel, terdiri dari karyawan dan pemilik coffeeshop di wilayah Serang Banten. Hasil penelitian: menunjukkan IWB dan POS memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Namun, employee engagement tidak memperkuat pengaruh POS terhadap kinerja karyawan.
Kata kunci: Innovative work behaviour, Perceived organizational support, Kinerja karyawan.