UPAYA GURU PPKn DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN SIKAP KEDISIPLINAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM DAARUL YAQIIN KOTA SERANG

  • Ade Millatus Sa'adiyyah Universitas Banten Jaya
  • Annisa Nurahmawati Universitas Banten Jaya
Keywords: Discipline Attitude Implementation, Student Learning Achievement

Abstract

ABSTRACT

This research was conducted at Daarul Yaqiin Islamic Junior High School in Serang City, with the aim of 1) To determine the Efforts of PPKn Teachers in Implementing Discipline Attitudes to Improve Student Learning Achievement in Daarul Yaqiin Islamic Junior High School, Serang City. 2) Knowing the factors that inhibit PPKn Teacher Efforts in Implementing Discipline Attitudes to Improve Student Achievement in Daarul Yaqiin Islamic Junior High School, Serang City. The method used is a qualitative method with data collection through observation, interview and documentation techniques. The analysis used is to use triangulation with data reduction techniques, data display and data fermentation. The results obtained in this study are that the teacher has made an effort to apply disciplinary attitudes quite well by providing a positive attitude to students, applying appropriate rules and sanctions for students, implementing interesting and fun learning for students. While the factors that affect the inhibition of the teacher's efforts in implementing disciplinary attitudes to improve student learning achievement are mainly influenced by two factors, namely internal and external, where internal originates from within the student itself, such as will, habits, physical and psychological factors. Meanwhile, external factors come from the learning environment and social environment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:

A.M. Sardiman. 2004. Interaksi Dan Proses Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Ariesandi. 2008. Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses Dan Bahagia, Tip Dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Arifin, Zaenal. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Bachri, Bachtiar S. 2010. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Universitas Negri Surabaya. Surabaya.

Baharudin. 2010. Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Yogyakarta. AR-Ruzz Media.

Danim, Sudarwan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Danim, Sudarwan. 2015. Profesi kependidikan. Bandung. Alfabeta.

Djamarah, S. B. 2017. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya. Usaha Nasional

Drajat, Manpan. & Efendi, Ridwan. 2014. Etika Profesi Guru. Bandung. Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Mulyasa. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Permendiknas no.22 thn 2006. Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.

Priansa, J. Doni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung. Alfabeta.

Prianti, E. Nita. 2019. Etika Profesi Guru dan Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Jakarat. PT. Raja Grafindo Persada.

Prianti, E. Nita. 2020. Profesi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setiawan, G. 2004. Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2013. Belajar dan Fakto-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Asdi Mahasatya.

Suharso & Retnoningsih. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang. CV. Widya Karya

Sidiq, Umar. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo. Nata Karya.

Sutan, Rajasa. 2002. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya. Karya Utama.

Suyanto & Djihad, Asep. 2013. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta. Multipressindo.

Syaefudin, Udin. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung. Alfabeta.

Syah, Muhibin. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibin. 2015. Psikologi Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Tirtaraharja, Umar. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Undang-Undang

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. Bandung. Focus Media.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 & Peraturan Presiden RI Tahun 2016. Tentang Guru dan Dosen. Bandung. Citra Umbara.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen Jakarta. Sinar Grafika.

Skripsi:

Arisandi, Doni : 2018. Upaya Guru Mendisiplinkan Siswa Melalaui Layanan Informasi Di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan. Skripsi. Tidak diterbitkan

Gustian, Caca. 2019. Upaya Guru Menegakkan Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MA Lais Kabupaten Bengkulu Utara-Bengkulu. Skripsi. Tidak diterbitkan.

Wulandari, A. Firda. 2019. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo. Jenis item Skripsi.

Harnia. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kedisiplinan Kerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Poasia. SELAMI IPS Edisi No. 48 Volume 4 Tahun XXIII Desember 2018- Hal. 336-345

Published
2021-08-22
How to Cite
Sa’adiyyah, A., & Nurahmawati, A. (2021). UPAYA GURU PPKn DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN SIKAP KEDISIPLINAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM DAARUL YAQIIN KOTA SERANG. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 166-183. https://doi.org/10.47080/propatria.v4i2.1415