EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI KUIS INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

  • Yusina Fadla Ilmi Universitas Banten Jaya
Keywords: Quizizz, Learning media, interactive quizzes, learning motivation, congnitive abilities

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of using the Quizizz Application as an interactive quiz on students' cognitive abilities and learning motivation. This research approach is a descriptive quantitative approach. This type of research is quasi-experimental, with a one group pretest-posttest design. The sampling technique used is the total sampling technique. Data collection techniques using tests and non-tests were carried out using 35 multiple choice questions to determine students' cognitive abilities. Data analysis techniques using normality test, homogeneity test and hypothesis testing. The results showed that the quizizz application was effectively used as a learning evaluation tool for students' cognitive abilities and learning motivation.

References

Aini, Y. I. (30 Agustus 2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah di Bengkulu. Kependidikan Vol. 2, No. 25, , 1-6.
Anggraini, I. S. (2011). Motivasi Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Premier Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 261-272.
Fauziah , A., & Et Al. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Jbsd: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 47-53.
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95.
Purba , L. S. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Aini, Y. I. (30 Agustus 2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah di Bengkulu. Kependidikan Vol. 2, No. 25, , 1-6.
Anggraini, I. S. (2011). Motivasi Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Premier Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 261-272.
Fauziah , A., & Et Al. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Jbsd: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 47-53.
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95.
Purba , L. S. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29., 30.
Rahman, & Et Al. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 60-66.
Rahmayani, D., & Subekti, H. (Januari 2022 ). Efekaplikasi Quizizz terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Vol.10, No.1, 117-121.
Solikah, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Bapala Unesa: Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Dan Seni Unesa, 7(8),, 1-8.
Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 05, No. 01, Maret 2021, Pp. 347-356, 348.
Published
2023-03-30
How to Cite
Ilmi, Y. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI KUIS INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 6(1), 15-23. https://doi.org/10.47080/progress.v6i1.2507