Collaborative Leadership of School Principals in Building Teacher Performance Teams in the Era of Society 5.0

  • asih kurnia ningsih Universitas Banten jaya
  • Stifend Brain Stifend Universitas Banten Jaya

Abstract

Tantangan pendidikan di era society 5.0 tak bisa dihindari oleh organisasi manapun, termasuk sekolah-sekolah di Indonesa, dimana sekolah tidak hanya dituntut mengupayakan eksistensinya melainkan juga wajib mengubah paradigma berpikir tentang gaya kepemimpinan yang relevan dengan terbentuknya suatu tim guru yang serasih, serasah dan searah dengan tujuan pendidikan nasional. Menjawab tantangan ini, membutuhkan banyak pemikiran dan kontribusi dari tim tenaga pendidik yang solid di sekolah, yaitu tim yang model kepemimpinannya meluaskan ruang kolaborasi bagi setiap personil yang ada di sekolah. Penelitian ini penting karena bertujuan untuk menguji dan memahami kemampuan kepemimpinan kolaborasi dalam menghadapi tantangan pendidikan di era society 5.0, agar mampu membangun tim kerja guru yang solit yang memenuhi harapan masyarakat. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan penelitian kepustakaan (library research) sebagai metode analisa dokumen dengan penelitian naratif dan teknik mengolah data tematik. Kolaborasi merupakan salah satu prinsip dari 4 Cs kecakapan hidup (Creativity, Critical Thingking, Communication, Collaboration), yang diharuskan dimiliki oleh kepala sekolah dan guru dalam membangun tim kerjanya dalam menghadapai tantangan di abad 21 society 5.0. Kepemimpinan kolaborasi kepala sekolah adalah model atau gaya kepemimpinan yang diperlukan oleh sekolah dalam membangun kebersamaan guru untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di abad 21 society 5.0.

 

Published
2024-05-30