UPAYA MENINGKATKAN KEPUTUSAN MERCHANT ANCHOR DALAM MENGGUNAKAN MESIN EDC
Abstract
Perkembangan jaman yang semakin modern, membuat tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan jasa produk perbankan semakin meningkat. Diperlukan kualitas produk dan customer relationship management dalam rangka meningkatkan keputusan konsumen menggunakan produk perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan customer relationship management secara parsial dan simultan terhadap keputusan merchant anchor Bank XYZ dalam menggunakan mesin EDC. Objek penelitian adalah merchant anchor Bank XYZ. Populasi penelitian berjumlah 100 merchant dimana sampel diambil sebanyak 78 responden. Tahapan analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis yang diolah melalui program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuktikan bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap keputusan merchant anchor menggunakan mesin EDC dari Bank XYZ. Secara parsial customer relationship management berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap keputusan merchant anchor menggunakan mesin EDC dari Bank XYZ. Secara simultan kualitas produk dan customer relationship management berpengaruh signifikan terhadap keputusan merchant anchor menggunakan mesin EDC dari Bank XYZ.