STRATEGI PSTRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BATIK CORAK ASLI BANTENEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BATIK CORAK ASLI BANTEN

  • Rizal zulkarnain Universitas Banten Jaya
Keywords: Strategi Pemasaran, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil Dan Menengah merupakan suatu usaha yang berperan penting dalam perekonomian nasional. Pada saat ini UMKM gencar dijalankan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang menjalankan usaha tersebut adalah Banten, di sana banyak terdapat UMKM yang didirikan, salah satunya pada bidang usaha kerajinan Batik Corak Asli Banten. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Batik Corak Asli Banten dalam mengembangkan usahanya? dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM Batik Corak Asli Banten dalam mengembangkan usahanya. Diharapkan penelitian ini memiliki manfaat secara toeritis dan praktis yang akan membantu dalam menerapakan strategi pemasaran dalam mengembangkan usaha. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripsif, yang mana teknik penentuan tempat menggunakan metode purposive area, dalam hal ini penelitian yang menggunakan purposive sampling dalam Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan suatu usaha yang berperan penting dalam perekonomian nasional. Pada saat ini UMKM gencar dijalankan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang menjalankan usaha tersebut adalah kota Cilegon Banten, di sana banyak terdapat UMKM yang didirikan dan melakukan penggalian data. Setelah data peroleh peneliti menganalisis data dengan melakukan Data Reduction, Data Display, Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi pemasaran 4P dapat memberikan perkembangan dalam usaha yang di jalankan oleh UMKM Batik Corak Asli Banten.

Published
2022-09-30